Nurfadilah, Iqlima and Uswatun, Din Azwar and Sutisnawati, Astri (2022) PENERAPAN METODE MNEMONIC DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Cakrawala Pendas, 8 (3). pp. 679-687. ISSN 2579-4442
![]() |
Text
2516 Download (50kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik di SD Negeri Tegallega pada tahun ajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini supaya motivasi siswa kelas III meningkat dengan memakai metode mnemonic. Metode Penelitian ini Menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil angket akhir dan hasil observasi setiap tindakan. proses pembelajaran dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan metode mnemonic. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode mnemonic dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III di SD Negeri Tegallega. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan dari sebelum tindakan dan setiap siklus. Sebelum melakukan tindakan persentase siswa yang memiliki motivasi belajar dalam kategori baik adalah 31%. Pada siklus I persentase siswa yang memiliki motivasi belajar dalam kategori baik belajarnya adalah 73%. Pada siklus II persentase siswa yang memiliki motivasi belajar dalam kategori baik adalah 94%. Kesimpulan, adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan metode mnemonic yang dicapai siswa kelas III di SDN Tegallega.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode mnemonic, motivasi belajar, pembelajaran tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus ID UMMI |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 07:39 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 07:39 |
URI: | http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2849 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |