MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING SISWA SD MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA LINGKUNGAN

Layyinna Syahid, Sarah Nur and Maula, Luthfi Hamdani and Khaleda, Irna and Sulastri, Ati and Ruslani, Ruslani (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NYARING SISWA SD MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA LINGKUNGAN. Jurnal Basicedu, 6 (3). pp. 5181-5192. ISSN ISSN 2580-1147

[img] Text
3076

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca nyaring siswa dengan menggunakan media pembelajaran diorama lingkungan di SDN 2 Sagaranten. Metode penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa serta tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran diorama lingkungan dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa di SDN 2 Sagaranten. Hal ini dapat dilihat dari hasil olah data yang diperoleh pada siklus 1, sebanyak 14 siswa dari 28 jumlah seluruh siswa kelas 3 memiliki kemampuan membaca nyaring, sedangkan 14 siswa lainnya belum memiliki kemampuan membaca nyaring, sehingga presentase kemampuan membaca nyaring mencapai 50% dengan nilai rata-rata 69,1. Pada siklus 2 hasil olah data yang diperoleh yaitu 28 siswa dari 28 jumlah keseluruhan siswa memiliki kemampuan membaca nyaring dengan presentase 100% dan nilai rata-rata nya adalah 73.6.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Membaca nyaring, Media pembelajaran, Diorama
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 13 Dec 2022 07:19
Last Modified: 13 Dec 2022 07:19
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2846

Actions (login required)

View Item View Item