ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Siti Fani Muliawanti Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Arsyi Rizqia Amalian Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Iis Nurasiah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Ela Hayati SDN 1 Sagaranten
  • Taslim Taslim SDN 1 Sagaranten

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2605

Keywords:

keterampilan membaca, membaca pemahaman strategi pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa SDN 1 Sagaranten. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN 1 Sagaranten. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan cara mencari informasi berkaitan dengan permasalahan, dijelaskan dengan tujuan yang ingin dicapai, merencanakan bentuk pendekatan, serta mengumpulkan data atau hasil sebagai laporan penelitian. Dengan hasil yang menentukan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa kelas III SDN 1 Sagaranten dalam kriteria penilaiannya adalah kurang, dengan rata-rata nilai sebesar 59,4. Solusi yang dapat diterapkan dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, yaitu dengan membina siswa untuk membaca buku, memberikan sarana dan prasarana, dan penerapan model, strategi, serta metode pembelajaran yang tepat bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almadiliana, Saputra, H. H., & Setiawan, H. (2021). Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 57–65. https://jurnal.educ3.org/index.php

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu PendidikaN, 3(5), 2336–2344. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.836

Anggraini, C.C.D. (2021). Analisis Penilaian Ahli Terhadap Prototipe Bahan Ajar Cerita Dongeng Berwawasan Nilai Karakter. Jurnal Didaktika Tauhidi, 6(2), 113-129.

Artu, N. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Pembina Liang Melalui Penerapan Strategi Survey Questions Reading Recite Review (SQ3R). Jurnal Kreatif Tadulako, 2(2), 105–113. Http://Jurnal.Untad.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/JKTO/Article/View/2843/1934

Bania, A.S., Imran. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar di Kota Langsa. Jurnal Biology Education Sains & Technology, 3(2), 51-56.

Basuki, I.A. (2011). Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SD Berdasarkan Tes Internasional Dan Tes Lokal. Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Jurnal: BAHASA DAN SENI, Vol. 39 No. 2

Dahlani, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas IV Semester 2 SDN Bunisari Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2018/2019). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 208–218.

Devianty, R. (2017). Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2), 226-245.

Fathonah, F. S. (2016). Penerapan Model Poe (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 171–178. Https://Doi.Org/10.17509/Jpgsd.V1i1.9070

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Didaktika Tauhidi, 9(1), 1-8.

Jayusman, I., Shavab, O.A.K. (2020). Studi Deskriptif Tentang Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13-20.

Khotimah, A. K. (2016). Analisis Kemampuan Membaca Pemahan Berdasarkan Taksonomi Barret Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Gugus Dwija Harapan Kecamatan Mijen. Universitas Negeri Semarang.

Nurani, Z.R., Nugraha, F. (2022). Analisis Karakter Tanggung Jawab Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 217-228.

Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar. (2016). Konsep Penilaian Kriteria Ketuntasan Minimal. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus Sebagai Metode Ilmiah Dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126-136.

Rahmayanti, L., Antosa, Z., Adiputra, M.J. (2020). Analysis Of Teacher's Difficulty In Applying Learning With The Saintific Approach. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 72-80.

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Sarika,R., Gunawan, D., & Mulyana,H. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V di SD Negeri 1 Sukagalih. Jurnal pendidikan sekolah dasar, 1(2).

Sidiq, U., Choiri, M.M. (2019). Metode Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya.

Somadaya, S. (2012). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suparlan. (2021). Keterampilan Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 1-12.

Suwendra, I.W. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan, Dan Keagamaan. Bandung: Nilacakra Publishing House.

Downloads

Published

2022-07-25

How to Cite

Muliawanti, S. F., Amalian, A. R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim, T. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860–869. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2605

Issue

Section

Articles