PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA MELALUI KARTU KATA BERBASIS WAYANG SUKURAGA

Sari, Hani Mayang and Uswatun, Din Azwar and Amalia, Arsyi Rizqia and Mariam, Siti and Yohana, Erni (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA MELALUI KARTU KATA BERBASIS WAYANG SUKURAGA. Jurnal Basicedu, 6 (5). pp. 7707-7715. ISSN 2580-1147

[img] Text
3557

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa melalui kartu kata berbasis wayang sukuraga di kelas 3 SDN Curug Luhur. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Partisipan dalam penelitian yaitu siswa kelas 3 SDN Curug Luhur Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi tahun ajaran 2021-2022 dengan sampel 9 orang. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian keterampilan membaca siswa melalui kartu kata berbasis wayang sukuraga memperoleh ketuntasan tes dengan hasil 67% kategori cukup pada pra siklus, pada siklus I meningkat menjadi 78% kategori baik dan pada siklus II 89% kategori sangat baik. Hasil observasi guru menghasilkan rata-rata 70 kategori cukup pada siklus I dan 82 kategori baik pada siklus II. Hasil observasi aktivitas siswa menghasilkan rata-rata 70 kategori cukup pada siklus I dan 80 kategori baik pada siklus II. Berdasarkan hasil observasi disimpulkan bahwa melalui kartu kata berbasis wayang sukuraga dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 3 SDN Curug Luhur.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Membaca Permulaan, Kartu Kata, Wayang Sukuraga.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 13 Dec 2022 03:05
Last Modified: 13 Dec 2022 03:11
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2841

Actions (login required)

View Item View Item