Nilai Kearifan Lokal dalam E-LKS Berbasis Wayang Sukuraga sebagai Perwujudan Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Gina Prilya Andhini Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Iis Nurasiah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Irna Khaleda Nurmeta Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46776

Keywords:

Nilai Kearifan Lokal, E-LKS, Wayang Sukuraga, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Media yang masih digunakan dalam proses pembelajarannya yaitu masih menggunakan buku, dan ternyata hasilnya tidak terjadi peningkatan secara signifikan dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan nilai kearifan lokal dalam E-LKS berbasis wayang sukuraga sebagai perwujudan profil pelajar pancasila. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research And Development). Model pengembangan yang diperlukan dalam penelitian ini yaitu bentuk pengembangan ADDIE.  Subjek dari penelitian ini diantaranya yaitu 2 ahli media, 2 ahli materi, guru dan 25 siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan instrument berupa lembar validasi ahli media dan ahli materi untuk mendapatkan hasil uji validitas dan juga angket respon siswa dan guru untuk mendapatkan hasil uji kepraktisan dari E-LKS tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penilaian ahli media dan ahli materi dihasilkan nilai sebesar 90,5 % d yang berarti pada rentang 81%-100% yaitu berada pada kategori Sangat Valid. Respon guru sebesar 89.60% dan skor dari siswa sebesar 80%. Jadi, diperoleh rata-rata skor guru dan siswa sebesar 85 % yang berarti E-LKS yang dikembangkan ini memiliki kriteria sangat praktis. E-LKS yang dikembangkan memiliki kualitas yang baik sehingga dapat membantu dalam proses pembelajaran.

References

Agustina Fatmawati. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kleas X. EduSains, 4(2), 94–103. https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.512.

Akbar, T. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Berorientasi Guided Inquiry Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V Sdn Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(6), 1120–1126. https://doi.org/10.17977/jp.v1i6.6456.

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88–92. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2515.

Awe, E. Y., & Ende, M. I. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Elektronik Bermuatan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Tema Daerah Tempat Tinggalku pada Siswa Kelas IV SDI Rutosoro di Kabupaten Ngada. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 48. https://doi.org/10.29408/didika.v5i2.1782.

Br Sinulingga, S. H., Jaria, J., & Barus, E. (2019). Development of Animation-Based Teaching Material on Explanation Text on XI Grade Students at MAN 2 Aceh Tenggara. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(2), 257–266. https://doi.org/10.21009/AKSIS.030203.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095.

Darmayasa, I. K., Jampel, N., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan E-Modul IPA Berorientasi Pendidikan Karakter di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 53–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20267.

Dehani, S. K., Nurcahyono, N. A., & Imswatama, A. (2021). Pengembangan E-LKS Ragamatika untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1537–1547. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.655.

Elwi, L. C., Festiyed, & Djamas, D. (2017). Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Multimedia Interaktif Menggunakan Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA. Pillar of Physics Education, 9(April), 97–104. https://doi.org/10.24036/2521171074.

Ernawati, A., Ibrahim, M. M., & Afiif, A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelligences pada Pokok Bahasan Substansi Genetika Kelas XII IPA SMA Negeri 16 Makassar. Jurnal Biotek, 5(2), 1–18. https://doi.org/10.29103/relativitas.v5i1.6979.

Hamidah, Nur Haryani, S., & Wardani, S. (2018). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2212 – 2223. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/7460.

Hanik, E. U. (2020). Self Directed Learning Berbasis Literasi Digital pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417.

Hasanah, A., Indrawadi, J., & Montessori, M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di Daerah Tertinggal. Jurnal of Moral and Civic Education, 4(2), 69 – 77. https://doi.org/10.24036/8851412412020223.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Developing Interactive Chemistry E-Modul for The Second Grade Students of Senior High School. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191.

Hidayanti, T. M., & Ain, S. Q. (2021). Lembar Kerja Siswa ( LKS ) pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 186–192. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37261.

Ilmawan Mustaqim, N. K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36–48. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6.

Jannah et al. (2021). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 5(2), 1060–1066. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.952.

Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19335.

Lisa Ilina, S., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2020). Pengembangan Media Wayang Sukuraga terhadap Kreativitas Siswa dalam Membuat Karya Imajinatif di Kelas Rendah. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(2), 265–273. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i2.133.

Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750.

Marshel, J., & Ratnawulan. (2020). Analysis of Students Worksheet (LKPD) Integrated Science with The Theme of The Motion in Life Using Integrated Connected Type 21st Century Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1481(1). https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.

Meilani, D., Dantes, N., & Tika, I. N. (2020). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar dan Berinovasi 4C terhadap Hasil Belajar IPA dengan Kovariabel Sikap Ilmiah pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.31764/elementary.v3i1.1412.

Merchie, E., & Van Keer, H. (2016). Mind Mapping as a Meta-Learning Strategy: Stimulating Pre-Adolescents’ Text-Learning Strategies and Performance? Contemporary Educational Psychology, 46, 128–147. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2016.05.005.

Novita, D., Darmawijoyo, & Aisyah, N. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning untuk Pembelajaran Materi Segitiga di Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1 – 12. https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3626.1-12.

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727.

Nurasiah Iis, Marini Arita, Nafiah Maratun, R. N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727.

Nurhayati, F., Widodo, J., & Soesilowati, E. (2015). Pengembangan LKS Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pokok Bahasan Tahap Pencatatan Akuntansi Perusahaan Jasa. The Journal of Economic Education, 4(1), 14–19. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec/article/view/6834.

Prabandari, A. S., & Kristin, F. (2021). Pengembangan LKS IPS Berbasis Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 355–363. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.309.

Pranata, D. P., Frima, A., & Egok, A. S. (2021). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Datar Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2284–2301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1183.

Pratiwi, H. R., & Ismaniati, C. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran untuk Mengembangkan Aspek Kognitif Anak. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 130. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.11735.

Purba, T. N., Pangaribuan, F., & Hutauruk, A. J. (2022). Pengembangan LKS Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika dengan Konteks Gonrang Sipitu Pitu Simalungun pada Materi Geometri Bangun Ruang Tabung. Jurnal Basicedu, 6(3), 4686–4700. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2873.

Purnomo, H., & Wilujeng, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen Penilaian IPA Tema Indahnya Negeriku Penyempurnaan Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 67. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7697.

Rachmawati Nugraheni, Marini Arita, Nafiah Maratun, N. I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714.

Risky, M., Agung, A. A. G., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Mata Pelajaran IPA di SD Negeri 4 Kampung Baru. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 233–244. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20299.

Sabdarini, C., Egok, A. S., & Aswarliansyah, A. (2021). Pengembangan LKS Tematik Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3765–3777. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1393.

Safitri, N. L., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2018). Pengembangan LKS Project Based Learning Berbasis Penelitian Perlakuan Perbedaan Dosis Fosfat pada Genotipe Kedelai. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 518–523. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10813.

Sari, M. Z., Fitriyani, Y., & Amalia, D. (2020). Analisis Bahan Ajar Keragaman Suku Bangsa dan Budaya dalam Implementasi Karakter Toleransi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 382. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2824.

Satrio, A., & Gafur, A. (2017). Pengembangan Visual Novel Game Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 1. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10140.

Sulistya, D. A. (2017). Pengembangan Quantum Teaching Berbasis Video Pembelajaran Camtasia pada Materi Permukaan Bumi dan Cuaca. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 154–166. https://doi.org/10.23917/ppd.v4i2.5067.

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia ( Japendi ), 2(7), 1256–1268. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233.

Tryanasari, D., Mursidik, E. M., & Riyanto, E. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Terpadu Berbasis Kearifan Lokal Untuk Kelas III Sekolah Dasar di Kabupaten Madiun. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(02), 132–172. https://doi.org/10.25273/pe.v3i02.273.

Wakhid, A., Andriani, N. S., & Saparwati, M. (2019). Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Usia 10-12 Tahun di Ungaran. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(2), 87. https://doi.org/10.26714/jkj.5.2.2017.87-90.

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279.

Widiya, M., Lokaria, E., & Sepriyaningsih, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3314–3320. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1281.

Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735.

Zulaiha, S. (2016). Pendekatan Contextual Teaching and Learning dan Implementasinya dalam Rencana Pembelajaran PAI MI. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, Vol 1(1), 42–60. https://doi.org/10.29240/bjpi.v1i1.84.

Downloads

Published

2022-06-06

How to Cite

Andhini, G. P. ., Nurasiah, I. ., & Nurmeta, I. K. . (2022). Nilai Kearifan Lokal dalam E-LKS Berbasis Wayang Sukuraga sebagai Perwujudan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 92–99. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46776

Issue

Section

Articles