MODEL DISEL: DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER KEDISIPLINAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Sulvia Heryadi, Elsya and Nurasiah, Iis and Amalia, Arsyi Rizqia (2022) MODEL DISEL: DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER KEDISIPLINAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (3). 778- 789. ISSN 2598-5949

[img] Text
8967

Download (36kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan sebuah dorongan yang ditunjukkan kepada peserta didik agar menjadi manusia sepenuhnya berkarakter dalam hati nurani, akal,raga,rasa dan karsa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas V menggunakan model pembelajaran Discovery learning (disel). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan metode Kemmis dan McTaggart yang dilakukan melalui II siklus yakni Siklus I dan Siklus II. Partisipan dalam penelitian ini sebanyak 29 peserta didik yakni 18 laki-laki dan 11 perempuan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan angket. Hasil penelitian menyatakan bahwa pra siklus memperoleh nilai rata-rata sebesar 54, pada siklus I meningkat sebesar 67, dan siklus II meningkat sebesar 84. Dari hasil tersebut secara signifikan ada kenaikan yang cukup berarti dari siklus I menuju siklus II sebesar 17, hal ini berarti dapat diklasifikasikan dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan sikap kedisiplinan belajar siswa sekolah dasar. Rekomendasi bagi pihak sekolah agar pendidik harus lebih meningkatkan kreativitas dalam memberikan pengajaran kepada peserta didik, tidak terpaku pada cara mengajar yang konvesional tetapi harus menggunakan model pembelajaran yang bervariatif dan lebih berinovatif seperti model Discovery learning ataupun model lainnnya, sehingga peserta didik dapat lebih mandiri,kreatif, dan disiplin.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan belajar, Discovery learning, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 13 Dec 2022 02:35
Last Modified: 13 Dec 2022 03:12
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2837

Actions (login required)

View Item View Item