PENDIDIKAN KARAKTER NILAI DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Dike Rosita Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Astri Sutisnawati Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Din Azwar Uswatun Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2274

Keywords:

pendidikan karakter, tanggung jawab, disiplin, pembelajaran tematik

Abstract

Penanaman nilai-nilai karakter menjadi tuntutan yang harus dipersiapkan guru dalam proses pembelajaran. Namun, penguatan nilai karakter nampaknya belum menjadi bagian yang terintegrasi selama pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis muatan nilai karakter khusunya pada nilai disiplin dan tanggung jawab dalam pembelajaran tematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Sedangkan subyek yang digunakan yaitu guru kelas III dan siswa kelas III SDN Cihaur Sagaranten. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis data deskriptif yaitu reduksi data, analisis data dan interpretasi data. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pada aspek nilai disiplin dikategorikan cukup baik terutama pada indikator mematuhi peraturan sekolah. Sedangkan dalam aspek tanggung jawab dapat dikategorikan sangat baik. Pendidikan karakter nilai disiplin dan tanggung jawab sangat penting diterapkan selam proses pembelajaran karena hal tersebut berimbas pada perilaku siswa di dalam dan di luar kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Rosita, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER NILAI DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 449–456. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2274

Issue

Section

Articles