PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG SUKURAGA TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

Mustika, Bella and Uswatun, Din Azwar and Khaleda, Irna and Hendrik, Asep and Nurnaningsih, Nurnaningsih (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG SUKURAGA TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 6 (3). pp. 4784-4793. ISSN 2580-1147

[img] Text
2938

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media wayang sukuraga terhadap keaktifan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan jenis Pra-Eksperiment, desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III yang berjumlah 11 siswa. Sampel yang diambil berjumlah 11 siswa memakai metode Sampling Jenuh. Data dikumpulkan melalui angket (pretest-posttest). Instrumen yang digunakan yaitu lembar angket. analisis data menggunakan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji t berpasangan (two paired samples t test) lalu uji N-Gain. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) rerata nilai posttest (75,18) keaktifan siswa yang menggunakan media wayang sukuraga lebih tinggi dari rerata nilai pretest (49,00) tanpa media, (2) hasil uji paired sample t test didapatkan nilai sig = 0,000, dikarenakan nilai sig < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara hasil pretest dan posttest dengan menggunakan media wayang sukuraga, dan (3) peningkatan keaktifian siswa menggunakan media wayang sukuraga diperkuat dengan hasil N-gain menunjukkan siswa mendapat kriteria tinggi dan sedang. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media wayang sukuraga berpengaruh terhadap keaktifan siswa kelas rendah di sekolah dasar. Disarankan untuk dapat terus menggunakan media wayang sukuraga sealama pembelajaran agar dapat meningkatkan keaktifan siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Wayang Sukuraga, Keaktifan Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:40
Last Modified: 10 Nov 2022 03:40
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2829

Actions (login required)

View Item View Item