STRATEGI PENGEMBANGAN SARANA PRODUKSI DALAM BUDIDAYA SORGUM STUDI KASUS DI KELURAHAN BABAKAN KECAMATAN CIBEREUM KOTA SUKABUMI

Authors

  • Fahmi Wijaya putra Agribisnis universitas muhammadiyah
  • Reny Sukmawani UMMI
  • Ema Hilma Meilani UMMI

DOI:

https://doi.org/10.31949/agrivet.v10i1.2288

Keywords:

Sorgum, Sarana Produksi, Strategi pengembangannya

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kelompok Wanita Tani Selakaso yang berlokasi di Kelurahan Babakan Kecamatan Cibereum Kota Sukabumi sejak 20 Mei hingga 26 Juni 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan strategi saran budidaya sorgum dalam Kelompok Perempuan Tani Selakaso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yang merupakan metode penelitian yang dilakukan dengan tujuan utama membuat gambaran atau deskripsi situasi secara objektif yang berkaitan dengan masalah yang dipelajari (Prasko, 2016). Berdasarkan hasil analisis SWOT pada pembahasan strategi pengembangan sarana produksi budidaya sorgum pada Kelompok Wanita Tani Selakaso yang berlokasi di Kelurahan Babakan Kecamatan Cibereum Kota dapat disimpulkan: (1). Pengawasan berkala oleh penyuluh. (2) Pembinaan rutin untuk memantau kegiatan produksi sorgum dan menghasilkan sorgum berkualitas. (3) Buat variasi metode konstruksi agar mudah dipahami dan dipahami. (4) Memberikan edukasi dari lembaga kesehatan tentang dampak penggunaan pupuk kimia terhadap kesehatan. Fasilitas produksi merupakan aspek penting dalam upaya peningkatan produksi, fasilitas produksi tidak hanya tentang pupuk tetapi membutuhkan kualitas sumber daya manusia yang baik, pengalaman bertani, modal, tingkat kesuburan lahan, penyediaan benih dan teknologi unggul, seperti yang dijelaskan dalam penelitian sebelumnya tentang komoditas kedelai di Kabupaten Serdang Bedagang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
DINAS PERTANIAN PROVINSI JAWA BARAT. 2010. Data Pokok Pertanian Di Jawa Barat. Dinas Pertanian Provinsi Jawa Barat.
HIDAYATI. 2015. Fisiologi, Anatomi dan Sistem Perakaran Pada Budidaya Padi dengan Metode SRI(System Of Rice Intensification dan Pengaruhnya Terhadap Produksi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
MOSHER, A.T. 1965 Menggerakkan dan Membangun Pertanian, terjemahan Ir. Krisnandhi. CV. Yasa Guna : Jakarta.
MUBYARTO. 1989. Pengantar Ekonomi Pertanian, Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES).
PRASKO, BAMBANG SUTOMO, BEDJO SANTOSO, 2016. Jurnal kesehatan gigi Vol.03 No. 2.
SIRAPPA M.P. 2003. Prospek Pengembangan Sorgum di Indonesia Sebagai Komoditas Alternatif untuk Pangan, Pakan dan Industri. Jurnal Litbang Pertanian Vol.22 (4) : Jakarta.
RACHMAT. 2014. Managemen Strategi. CV.Pustaka Setia. Bandung.
RANGKUTI, Freddy. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
SALUSU, J. 2006. Pengambilan Keputusan Stratejik. PT Gramedia Pustaka Utama.Jakarta .

Downloads

Published

2022-07-15

How to Cite

Wijaya putra, F., Sukmawani, R., & Meilani, E. H. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN SARANA PRODUKSI DALAM BUDIDAYA SORGUM STUDI KASUS DI KELURAHAN BABAKAN KECAMATAN CIBEREUM KOTA SUKABUMI. Agrivet : Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian Dan Peternakan (Journal of Agricultural Sciences and Veteriner), 10(1), 97–102. https://doi.org/10.31949/agrivet.v10i1.2288

Issue

Section

Articles