Pengaruh kualitas pelayanan administrasi posbakum terhadap kepuasan masyarakat di pengadilan agama kota sukabumi

  • Annisa Trijultian Mahasiswa
  • Yana Fajar Basori Universitas Muhammadiyah sukabumi
  • M Rijal Amirulloh Universitas Muhammadiyah sukabumi
Keywords: Kualitas pelayanan, kepuasan masyarakat, pengadilan agama

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas administrasi posbakum terhadap kepuasan masyarakat di Pengadilan Agama Kota Sukabumi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan deksriptif. Objek dalam penelitian ini adalah masyarakat yang mengajukan perkara di Pengadilan Agama Kota Sukabumi, sampel yang diberikan kepada masyarakat yang mengajukan perkara sebanyak 87 orang dan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil statistik uji t berdasarkan kriteria yang dilihat dari T hitung ≥T tabel, yaitu 3,233 ≥ 0,2108, maka Ha diterima dan H0 ditolak dan tingkat signya adalah 0.002 < 0,005. Yang berarti secara parsial variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat.

References

Jurnal dan penelitian terdahulu
Published
2022-02-28
How to Cite
Trijultian, A., Basori, Y., & Amirulloh, M. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan administrasi posbakum terhadap kepuasan masyarakat di pengadilan agama kota sukabumi. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3399-3406. https://doi.org/10.47492/jip.v2i10.1240
Section
Articles