STATEGI DINAS KOPERASI, UKM, PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN DALAM PEMBERDAYAAN UMKM DI KOTA SUKABUMI

  • Andhita Fatikha Sari Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Admnistrasi dan Humaniora Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI)
  • Rizki Hegia Sampurna Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Admnistrasi dan Humaniora Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI)
  • Dine Meigawati Program Studi Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Admnistrasi dan Humaniora Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI)
Keywords: Strategi, Pemberdayaan , UMKM

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian dalam Pemberdayaan UMKM di Kota Sukabumi, dimana penelitian ini dianalisis dengan menggunakan tiga dimensi teori manajemen strategi Fred.R. David dan Forest R. David (2016). Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian telah berjalan dengan baik. Meskipun sudah berjalan dengan baik, akan tetapi jika dianalisis berdasarkan teori Fred. R. David dan Forest. R. David (2016) masih ada beberapa kendala dalam pelaksanaannya yakni adanya keterbatasan mengenai kegiatan pemberdayaan UMKM melalui pelatihan-pelatihan kewirausahaan efek dari adanya pandemi covid-19. Sehingga dapat dipahami bahwa strategi yang sudah dilaksanakan belum sepenuhnya berjalan optimal dalam pelaksanaannya

References

[1] [David, Fred R. David, Forest R. 2016.
[2] Manajemen Strategik : Suatu Pendekatan Keuangan Bersaing. Terjemahan: Novita Puspasari, Liza Nurbani Puspitasari. Jakarta: Salemba Empat.
[3] Komariah, Aan dan Satori, Djam’an.
[4] 2017. Metodologi Peneltian Kualitatif. Bandung; Alfabeta.
[5] Hendrayana, Asep 2019. SDM
[6] KendalPengembangan UMKM. Di akses pada tanggal 2 Februari 2021 dari situs https://seputarsukabumi.com/umum/sdm-kendala-pengembangan-umkm/
[7] Miles, Matthew B, A. Mitchael Huberman 2009. Analisis Data Kualititaf: Terjemahan Tjeptjep Rohendi Rohidi. Jakarta. Universitas Indonesia (Ui-Press)
[8] Syarif, 2019. Bukan Modal Saja, Pemasaran Jadi Kendala IKM di Kota Sukabumi. Diakses pada tanggal 18 Januari 2021 dari situs http://www.neraca.co.idarticle/12308/bukan-modal-saja-pemasaran-jadi-kendala-ikm-di-kota-sukabumi
[9] Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah. (UMKM).
[10] Winardi. J. 2008. Enterprener dan Enterprenership. Jakarta : Kencana
Published
2022-02-28
How to Cite
Sari, A. F., Sampurna, R. H., & Meigawati, D. (2022). STATEGI DINAS KOPERASI, UKM, PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN DALAM PEMBERDAYAAN UMKM DI KOTA SUKABUMI. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3353-3360. https://doi.org/10.47492/jip.v2i10.1328
Section
Articles