EFEKTIVITAS PROGRAM PENCEGAHAN, PEMBERANTASAN, PENYALAHGUNAAN, DAN PEREDARAN GELAP NARKOBA (P4GN) DI KALANGAN MAHASISWA

  • Ai Nurlatifah Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Andi Mulyadi Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Dine Meigawati Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: Efektivitas, P4GN, Narkoba

Abstract

Narkotika dan obat-obatan terlarang telah menjadi ancaman nyata yang dapat menghancurkan Bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia dihadapkan pada ancaman hilangnya sebuah generasi penerus bangsa di masa depan. Permasalahan terkait narkoba menjadi salah satu permasalahan yang sejak dahulu memerlukan penanganan secara serius. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di kalangan mahasiswa dengan metode penelitian kualitatif deskriptif dimana di harapkan penelitian ini dapat memberikan dampak positif berupa saran untuk Badan Narkotika Nasional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Wawancara, Observasi, dan dokumen yang terkait dengan penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemerintah Kabupaten Sukabumi mendukung penuh proses pelayanan publik yakni Program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Namun terdapat hal perlu diperhatikan yakni masih adanya masyarakat yang tidak peduli terhadap adanya Penyalahgunaan maupun peredaran Gelap Narkoba di wilayahnya.

References

Agung, Kurniawan. (2005). Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta : Pembaruan.
[2] Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
[3] Creswell, John W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran.Terjemahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cetakan I
[4] Garna, J. K. (2000). Metode Penelitian Sosial: Penelitian Dalam Ilmu Pemerintahan. Bandung: Primako Akademika.
[5] Maswari M Adnan,(2015) Memahami Bahaya Narkoba Dan Alternatif Penyembuhannya. Pontianak: Media Akademik
[6] Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook.
[7] Moleong. L. L. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
[8] Poerwadarminta. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka
[9] Sedarmayanti. (2012). Manajemen dan Kompenen Terkait Lainnya. Bandung : Refika Aditama.
[10] Setiyawati, L. S., Nurcahyuni, A., & Sutawijaya, D. (2015). Buku Seri Bahaya Narkoba Jilid 5. Surakarta: PT. Tirta Asih Jaya.
[11] Silalahi, U., & Atif, N. F. (2015). Metode Penelitian Sosial Kuantitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
[12] Steers, M Richard. (1985). Efektivitas Organisasi Perusahaan. Jakarta: Erlangga.
[13] Sugiyono, (2017): Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
• Jurnal:
[14] Agatha Ginting, R. U. M. E. N. D. A., Marpaung, Z. S., & Widodo, S. (2019). Efektivitas Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Selatan Dalam Melaksanakan Program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba Pada Pelajar Dan Mahasiswa (Doctoral Dissertation, University Sriwijaya).
[15] Arif Nst, S. N. (2019). Analisis Kinerja Seksi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional Kota Pekanbaru Dalam Pemberantasan Narkoba Di Kalangan Pelajar Dan Mahasiswa (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Riau).
[16] Aritami, R. (2020). Efektivitas Program Pemberantasan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Oleh Satuan Narkoba Polres Tasikmalaya Kota (Doctoral Dissertation).
[17] Handoko, B., & Budiyono, B. (2017). Implementasi Kebijakan Lanal Kotabaru (Di Kalimantan Selatan) Dalam Pemberdayaan Masyarakat Nelayan. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 1(1), 44-64.
[18] Latifah, N., & Maesaroh, M. (2020). Efektivitas Program Pencegahan Penanganan Penyalahgunaan Dan Peredaran Narkoba (P4GN) Oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Tengah. Journal Of Public Policy And Management Review, 9(1), 374-390.
[19] Mahmudi, A. (2010). Pengaruh Pembelajaran Dengan Strategi MHM Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif, Kemampuan Pemecahan Masalah, Dan Disposisi Matematis, Serta Persepsi Terhadap Kreativitas (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

• Peraturan Perundang-Undangan :
[20] Undang-Undang No 39 tahun 2009 tentang Narkotika
[21] Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2011 Tentang Pelaksanaan Wajib Lapor Pecandu Narkotika
[22] Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 4 Tahun 2010 Tentang Penempatan Penyalahgunaan, Korban Penyalahgunaan Dan Pecandu Narkotika Ke Dalam Lembaga Rehabilitasi Medis Dan Rehabilit Asi Sosial
[23] Intruksi Bupati Sukabumi No. 03 Tahun 2017 tentang Rencana Aksi Daerah Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN)
[24] Peraturan Daerah Kabupaten Sukabumi Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Dan Pemberantasan Penyalahgunaan Dan
Published
2022-02-28
How to Cite
Nurlatifah, A., Mulyadi, A., & Meigawati, D. (2022). EFEKTIVITAS PROGRAM PENCEGAHAN, PEMBERANTASAN, PENYALAHGUNAAN, DAN PEREDARAN GELAP NARKOBA (P4GN) DI KALANGAN MAHASISWA. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(10), 3377-3390. https://doi.org/10.47492/jip.v2i10.1331
Section
Articles