PENGARUH PENGGUNAAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS

Apriliani, Reni and Supendi, Deden Ahmad and Agustiani, Tanti (2021) PENGARUH PENGGUNAAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS. Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 4 (2). pp. 85-91. ISSN 2715-8381

[img] PDF
1557

Download (25kB)

Abstract

Artikel ini akan mengungkapkan pengarauh penggunaan “Contextual Teaching and Learning (CTL)” terhadap kemampuan menulis surat dinas. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif deksriptif dengan desain penelitian eksperimental. Populasi dan sampel dari penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Bantargadung TKB Cikembang yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai dari perlakuan penggunaan pendekatan CTL terhadap kemampuan menulis surat dinas peserta didik meski peningkatannya beragam. Hal tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai siswa saat pretest dan posttest terdapat perbedaan. Peningkatan yang paling rendah adalah dari nilai 56 menjadi 67 yaitu meningkat 11 poin, dan peningkatan paling tinggi adalah dari nilai 44 menjadi 100 yaitu meningkat 56 poin. Meskipun demikian, perlu dikemukakan hipotesis bahwa pendekatan CTL berpengaruh terhadap kemampuan menulis surat dinas pada siswa dinyatakan ditolak karena pada uji signifikasi t hitung lebih kecil dari pada t tabel.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: menulis, surat, CTL
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 26 Aug 2022 04:59
Last Modified: 26 Aug 2022 04:59
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2584

Actions (login required)

View Item View Item