METODE CERITA BERANTAI TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA FANTASI SISWA

Cahyawati, Eka and Agustiani, Tanti and Suparman, Fauziah (2021) METODE CERITA BERANTAI TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA FANTASI SISWA. JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA, 6 (2). pp. 112-116. ISSN 2502-9592

[img] PDF
778

Download (23kB)

Abstract

Berawal dari kemampuan menyimak siswa kelas VII SMP Negeri 2 Cibeber masih kurang berkembang. Oleh karena itu, peneliti berupaya menggunakan metode cerita berantai dalam pembelajaran menyimak cerita fantasi dengan proses pembelajaran yang menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menyimak siswa kelas VII SMP Negeri 2 Cibeber sebelum dan sesudah menggunakan metode cerita berantai pada materi cerita fantasi dan untuk mengetahui pengaruh metode cerita berantai terhadap kemampuan menyimak cerita fantasi. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII D dengan jumlah siswa 25. Berdasarkan hasil pretest dan posttest dan uji t dapat diketahui hasil dari penelitian ini adalah nilai lebih besar daripada nilai ( > ) karena berjumlah 20,48> 1,711. Sehingga, pernyataan tersebut sesuai dengan pendapat Sugiyono (2014: 164) mengemukakan apabila jumlah > maka hasil yang dinyatakan signifikan. Berdasarkan hasil dari thitung dan ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Maka dari itu uji hipotesis diterima.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: metode cerita berantai, menyimak, cerita fantasi
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:15
Last Modified: 26 Aug 2022 03:15
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2577

Actions (login required)

View Item View Item