ANALISIS KORELASI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

Hasanah, Salbiah (2021) ANALISIS KORELASI PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (2). pp. 4198-4203. ISSN 2685-564X

[img] PDF
1536

Download (54kB)

Abstract

Karakter kemandirian merupakan salah satu karakter yang sangat perlu dikembangkan dalam diri anak usia dini. Mandiri ialah suatu sikap dimana individu tidak bergantung pada orang lain, dapat mengerjakan pekerjaannya sendiri. Pada masa pandemi ini, pembelajaran dilakukan secara daring, menurut observasi yang dilakukan hal ini membuat kemandirian anak menurun karena adanya bantuan berlebih yang dilakukan leh orang tua terhadap penugaasan yang diberikan oleh para pendidik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitaif survey dengan lokasi penelitian di Kecamatan Waluran dengan responden yang berjumlah 45 orang yang merupakan pendidik di lembaga Taman kanak-kanak. Peneliti melakukan uji korelasi dengan hasil nilai R sebesar – 0,151 yang bernilai negatif maka dapat dinyatakan bahwa apabila pembelajaran daring ditingkatkan maka kemandirian anak menurun. Selain itu nilai signifikansi pada penelitian ini menunjukkan nilai 0,322 lebih besar dari 0,05 maka pembelajaran darig tidak berpengaruh signifikan terhadap karakter kemandirian anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PAUD, pembelajaran, online, kemandirian
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 24 Aug 2022 02:50
Last Modified: 24 Aug 2022 02:50
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2560

Actions (login required)

View Item View Item