Makiyah, Arfatul (2016) MOTIVASI MENJADI PERAWAT YANG TEREFLEKSI PADA INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA KEPERAWATAN. Jurnal Kesehatan Kartika, 11 (2). pp. 14-21. ISSN 1907-3879
|
Text
Jurnal kartika.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Bila melihat prospek ke depan, seorang lulusan Program Studi DIII Keperawatan mempunyai prospek yang cukup menjanjikan yaitu bisa menjadi perawat profesional yang bisa diandalkan kemampuan. ketrampilan dan sikap yang profesional Penelilian ini bertujuan unluk memperoleh gambaran mengenai motivasi menjadi perawat yang terefleksi pada indeks prestasi kumulatif mahasiswa Program Studi Dili Keperawatan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI). Penelilian dilakukan dengan metode deskriptif. subjek penelilian adalah mahasiswa colon perawat di semester 2, 4 dan 6 di Program Studi Keperawatan UMMI. Penelilian ini menggunakan metode deskriptif dan dilaksanakan di UMMI. Sampel diambil dengan teknik Stratified Random Sampling. Hasil penelilian ini menunjukan bahwa nilai persentase motivasi semester 2, 4 dan 6 yang paling besar diperoleh oleh hampir separuh mahasiswa dengan kategori motivasinya sangat tinggi dan IPK sangat memuaskan. Selain Hit, hanya sebagian kecil mahasiswa yang memiliki motivasi tinggi dengan IPK cunlaude dan memuaskan, fakta yang mengejutkan ditemukan tidak adanya mahasiswa yang memiliki motivasi tinggi dengan IPK kategori cumlaude dan sebagian kecil mahasiwa yang memiliki motivasi tinggi dengan IPK kategori kurang memuaskan. Hasil uji korelasi Spearman rho dapat dihhat bahwa terdapat hubungan positif sebesar 0,759 yang artinya semakin tinggi motivasi menjadi perawat maka semakin tinggi pula nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi, Indeks Prestasi Kumulatif, Keperawatan |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Kesehatan |
Depositing User: | Perpus ID UMMI |
Date Deposited: | 23 May 2018 07:25 |
Last Modified: | 23 May 2018 07:25 |
URI: | http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/256 |
Actions (login required)
View Item |