Penerapan Sikap Disiplin melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Pada Kelompok A di KB Nurul Hidayah Waluran Tahun Ajaran 2020/2021

Main Article Content

Siti Salmawati
Alfian Asshidiqi Poppyariyana
Ibnu Huri

Abstract

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa seorang pendidik telah menerapkan pembiasaan sebagai kegiatan yang rutin dilakukan anak di sekolah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara Bersama pendidik/guru  yang merupakan sumber utama dalam penelitian ini, kemudian wawancara bersama pihak kepala sekolah, serta wawancara bersama 3 orang wali murid. Berdasarkan hasil observasi, wawancara serta dokumentasi yang dilakukan bahwa melalui pembiasaan shalat dhuha di KB Nurul Hidayah Waluran dapat di katakan sudah efektif dan juga sangat berpengaruh, hal ini da[pat dibuktikan dengan anak yang mampu tertib dan disiplin ketika pembiasaan berlangsung dan peserta didik mampu melakukan pembiasaan tersebut dengan secara berulang-ulang dan terus menerus

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Salmawati, S., Poppyariyana, A. A., & Huri, I. . (2021). Penerapan Sikap Disiplin melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Pada Kelompok A di KB Nurul Hidayah Waluran Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4451–4455. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i2.1581
Section
Articles of Research

References

Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra : Internalisasi Nilai- Nilai Melalui Pengajaran Sastra. (Pustaka Belajar:Yogyakarta).

Sugiyono., (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Maulida,Ranita., Siwiyanti,Leonita & Zultiar,Indra., (2020). Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Metode Pencampuran Warna Sederhana. Kependidikan Jurnal Utile, VI(1), 100-110.

R,Miftahur,Faiz,A., (2017). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Melalui Shalat Dhuha dan Dhuhur Berjamaah Di Madrasah Aliyah Shirothul Fuqoha’ Sepanjang Gondanglegi Malang.

Permendikbud 146, Tahun (2014). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini .

Huliyah,Muhiyatu.,(2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

M.Pd.I,Zaman,Badrus.,(2017). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pelaksanaan Shalat Sunnah Dhuha di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nur Hidayah Surakarta. IAIAN SALA TIGA

S,Calista,Viona., Kurniah,Nina., Ardina,Mona., (2019). Hubungan Reinforcement Terhadap Disiplin Anak Usia Dini Paud Pembina 1 Kota Bengkulu.

Malihah,Cucu., Hidayatullah,Rd., Luthfi,M., (2019). Pembentukan Karakter Doisiplin Siswa Dalam Beribadah Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairiyah Pipitan.

Permendikbud No 146 Tahun 2014, Tentang Pendidikan Anak Usia Dini.

Nurani,Nira., Siwiyanti,Leonita., (2019). Implementasi Pembentukan Akhlak Terpuji Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam An Nur. Jurnal.Ummi.ac.id/Index.Php/JUT.

Yusuf Ahmad ar Rahman, Buku Pintar Shalat Lengkap Sesuai Al-Quran dan Hadist (Jakarta : Alit, Aksara Media 2011).

Hayati,Nor,Siti.,(2015). Manfaat Shalat Dhuha Dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Jurnal Pendidikan anak.

Sumiami., Yusuf,Abas., Lestari,SRI.,(2014). Peningkatan Keterampilan Shalat Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha Pada Anak Usia 5-6 Tahun. PG-PAUD FKIP UNTAN.

Khasanah.,(2017). Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Metode Bermain Bola Estafet di PPT Hasanah Terpadu Sambikerep Surabaya.