PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WHATSAPP TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE PAUD KECAMATAN WALURAN

  • Yeni Martini
Keywords: media, whatsApp, efektivitas, pembelajaran

Abstract

Pembelajaran online merupakan pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan memerlukan koneksi internet dalam pelaksanaannya. Pembelajaran anak usia dini yang dilakukan secara online harus memastikan bahwa pembelajaran tersebut berjalan dengan efektif dan mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media WhatsApp terhadap efektivitas pembelajaran online di lembaga PAUD dengan sasaran penelitian ialah para pendidik yang berjumlah 45 orang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain survey. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pengisian kuisioner yang kemudian akan dioleh menggunakan teknik analisis data korelasi product moment yang menunjukkan nilai kekuatan hubungan yang sedang antara variabel x dan variabel y. Variabel x berpengaruh signifikan terhadap variabel y karena nilai signifikansi menunjukan 0,005 < 0,05 dengan nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 16,81% efektifitas pembelajaran online dipengaruhi oleh pengguanaan media WhatsApp.

 

References

Alfarizi, M. K. (2021, January 14). Mengenal Brian Acton, Pendiri WhatsApp yang Kini Jadi Bos Signal. Tempo.co. Retrieved from https://tekno.tempo.co
Asmariani. (2016). Konsep Media Pembelajaran Paud. Al-Afkar?: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.108
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(1), 4–6. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2203
Darmalaksana, W. (2020). WhatsApp Kuliah Mobile. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–7. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2018). Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014?: Tentang Kurikulum 2013 PAUD. Jakarta: Direktorat Pembinaan PAUD.
Kustiawan, U. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI (1st ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/
Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri?: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32. Retrieved from http://journal.unj.ac.id
Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN?: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (22nd ed.). Bandung: Alfabeta.
Vinayastri, A. (2015). PENGARUH POLA ASUH (PARENTING) ORANG-TUA TERHADAP PERKEMBANGAN OTAK ANAK USIA DINI. Ilmiah WIDYA, 3. Retrieved from https://e-journal.jurwidyakop3.com/
Zubaidi, M. (2020). Hubungan Profesionalisme Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini dengan Efektivitas Pembelajaran PAUD di Kota Gorontalo. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1060. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.505
Published
2021-09-01
How to Cite
Martini, Y. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WHATSAPP TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE PAUD KECAMATAN WALURAN. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 9(1), 95 - 102. Retrieved from https://e-journal.umc.ac.id/index.php/JJB/article/view/2132