PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WHATSAPP TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE PAUD KECAMATAN WALURAN

Martini, Yeni and Hurri, Ibnu and Ahsshidiqi, Alfian (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WHATSAPP TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN ONLINE PAUD KECAMATAN WALURAN. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 9 (1). pp. 95-102. ISSN 2685-564X

[img] PDF
2132

Download (27kB)

Abstract

Pembelajaran online merupakan pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan memerlukan koneksi internet dalam pelaksanaannya. Pembelajaran anak usia dini yang dilakukan secara online harus memastikan bahwa pembelajaran tersebut berjalan dengan efektif dan mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media WhatsApp terhadap efektivitas pembelajaran online di lembaga PAUD dengan sasaran penelitian ialah para pendidik yang berjumlah 45 orang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain survey. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pengisian kuisioner yang kemudian akan dioleh menggunakan teknik analisis data korelasi product moment yang menunjukkan nilai kekuatan hubungan yang sedang antara variabel x dan variabel y. Variabel x berpengaruh signifikan terhadap variabel y karena nilai signifikansi menunjukan 0,005 < 0,05 dengan nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 16,81% efektifitas pembelajaran online dipengaruhi oleh pengguanaan media WhatsApp.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: media, whatsApp, efektivitas, pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 24 Aug 2022 02:20
Last Modified: 24 Aug 2022 02:20
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2556

Actions (login required)

View Item View Item