Implementasi Media Boneka Tangan dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak

Main Article Content

Intan Widia iswari
Asep Munajat
Ibnu Hurri

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui imlementasi penggunaan media boneka tangan dalam mengembangkan karakter kemandirian anak di TK Darul ‘Amal Jampang Kulon Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimental kuasi (quasi-eksperimental). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pretest-posttest kelompok nonequivalent. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dari TK Darul ‘Amal sebanyak 80 orang anak. 40 sebagai kelompok eksperimen dan 40 sebagai kelompok kontrol. Hasil yang peroleh terlihat adanya perbedaan pemahaman pada anak sebelum dilakukan pembelajaran mengenai kemandirian menggunakan media boneka tangan dengan setelah dikenalkan kemandirian melalui media boneka tangan, perbedaan yang terjadi cenderung ke arah perbaikan. nilai rata-rata dari uji t berpasangan menunjukan adanya perbedaan dimana nilai rata-rata (mean) kemampuan mengenal huruf anak kelas eksperimen sebelum diberikan pemahaman adalah sebesar 60,05 dan nilai rata-rata (mean) pemahaman kemandirian anak kelas eksperimen setelah diberikan pemahaman meningkat menjadi 85,25 dengan selisih nilai rata-rata (mean) sebasar 25,23 yang berarti bahwa terdapat peningkatan kemampuan anak dalam mengembangkan karakter kemandirian sebesar 13,47

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
iswari, I. W. ., Munajat, A. ., & Hurri, I. . (2021). Implementasi Media Boneka Tangan dalam Mengembangkan Karakter Kemandirian Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4680–4689. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1625
Section
Articles of Research

References

Adelia Hardini, 2016. Implementasi pendidikan karakter anak usia dini Semarang: Universitas Negeri Semarang

Arsyad, Azhar. 2002. Media Pembelajaran, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Gunarti, winda dkk. 2010. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini, Yogyakarta : Media Pressindo

Hamdani, 2011. Strategi belajar mengajar, Bandung : CV. Pustaka setia

Joko sulianto, 2014. Profil cerita anak dan media boneka tangan dalam metode bercerita berkarakter, semarang : Universitar PGRI

Lailatul Chasanah, 2016. Penumbuhan karakter kemandirian pada anak usia dini di PAUD karakter pelangi Nusantara, semarang : Universitas Negeri Semarang

Nurjanah, 2011. Pengembangan Pembiasaan siswa melalui Pendidikan 9 Pilar karakter, Bogor : Universitar Pakuan

Parker, D.K, 2005. Menumbuhkan kemandirian dan Harga Diri Anak), Jakarta : Prestasi Pustakarya

Ratna Megawangi, 2015. Pendidikan Karakter, Depok : Indonesia Heritage Foundation

Ridwan R dan Wulansari, 2019. Menumbuhkan Karakter anak usia dini melalui cerita boneka tangan dalam model Tadzkirah, Kediri : Universitas Nusantara PGRI Kediri

Siti Ridnawati , 2020. Implementasi Karakter Disiplin Anak Usia Dini Melalui Pendekatan 9 Pilar Karakter dalam Pilar 2 Mandiri Disiplin dan Tanggung Jawab, Sukabumi : Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Sudjana, Nana & rivai, 2007. Media pengajaran, Bandung : Sinar Baru Algensindo

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuanititatif, Kualitatif, Bandung : Alfabeta, CV

Suparno, P. 2012. Harapan untuk kurikulum baru, Kompas : 29 September 2012

Susilowati, 2010. Peningkatan kreativitas anak usia dini melalui cerita bergambar, Surakarta : Universitas muhammadiyah Surakarta

Suyadi, 2010. Psikologi belajar PAUD Pendidikan Anak usia dini, Yogyakarta: Pedagogia

Tim redaksi Nuansa Aulia. Himpunan Peundang-undangan tentang sistem Pendidikan Nasional Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Beserta Penjelasannya (Bandung, Nuansa Aulia)

Wuri Wuryandani, 2016. Implementasi pendidikan karakter kemandirian dimuhammadiyah boarding school, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.