IMPLEMENTASI MEDIA BONEKA TANGAN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK

Iswari, Intan Widia and Munajat, Asep and Hurri, Ibnu (2021) IMPLEMENTASI MEDIA BONEKA TANGAN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (2). pp. 4680-4689. ISSN 2614-3097

[img] PDF
1625

Download (53kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui imlementasi penggunaan media boneka tangan dalam mengembangkan karakter kemandirian anak di TK Darul ‘Amal Jampang Kulon Kabupaten Sukabumi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimental kuasi (quasi-eksperimental). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pretest-posttest kelompok nonequivalent. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa dari TK Darul ‘Amal sebanyak 80 orang anak. 40 sebagai kelompok eksperimen dan 40 sebagai kelompok kontrol. Hasil yang peroleh terlihat adanya perbedaan pemahaman pada anak sebelum dilakukan pembelajaran mengenai kemandirian menggunakan media boneka tangan dengan setelah dikenalkan kemandirian melalui media boneka tangan, perbedaan yang terjadi cenderung ke arah perbaikan. nilai rata-rata dari uji t berpasangan menunjukan adanya perbedaan dimana nilai rata-rata (mean) kemampuan mengenal huruf anak kelas eksperimen sebelum diberikan pemahaman adalah sebesar 60,05 dan nilai rata-rata (mean) pemahaman kemandirian anak kelas eksperimen setelah diberikan pemahaman meningkat menjadi 85,25 dengan selisih nilai rata-rata (mean) sebasar 25,23 yang berarti bahwa terdapat peningkatan kemampuan anak dalam mengembangkan karakter kemandirian sebesar 13,47

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: boneka tangan, kemandirian, anak
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 23 Aug 2022 08:22
Last Modified: 23 Aug 2022 08:22
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2554

Actions (login required)

View Item View Item