Kharisma, Alma Nur and Zultiar, Indra and Poppyariyana, Alfian Ashshidiqi (2022) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM ASPEK KOMUNIKASI PADA ANAK USIA DINI SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Jurnal Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 8 (1). pp. 72-82. ISSN 2599-042X
PDF
9353 Download (28kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran umum tingkat kompetensi pedagogik guru dalam aspek komunikasi pada anak usia dini dalam pembelajaran jarak jauh. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian survey serta teknik pengumpulan data berupa pengisian angket melalui google form menggunakan skala likert dengan 4 alternatif jawaban yang terdiri dari 17 pertanyaan berkaitan dengan indikator komunikasi guru selama pembelajaran. Sampel pada penelitian ini sebanyak 80 orang guru Taman Kanak-kanak (TK) di Kabupaten Sukabumi, pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru TK di kabupaten Sukabumi memiliki kompetensi pedagogik guru dalam aspek komunikasi pada anak usia dini tergolong kategori baik berdasarkan tiga indikator yang dinilai yaitu indikator efektif, empatik, dan santun karena menunjukkan hasil persentase sebesar 67% berdasarkan rata-rata persentase komunikasi efektif (60%), empatik (59%), dan santun (53%).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik; Komunikasi Guru (Efektif, Empatik, Santun); Pendidikan Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus ID UMMI |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 04:04 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 04:04 |
URI: | http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2551 |
Actions (login required)
View Item |