MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DEKSRIPSI MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

Badrudin, Nur and Nurasiah, Iis (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DEKSRIPSI MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR. PEDAGOGIK (JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR), 7 (2). pp. 68-77. ISSN 2337-7496

[img] Text
1978-Article Text-5619-1-10-20200216.pdf

Download (969kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui penerapan metode mind mapping di kelas rendah sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas III-A SD Aisyiyah Kota Sukabumi tahun pelajaran 2019/ 2020 sebanyak 21 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Pra siklus melalui tes indikator keterampilan menulis deskripsi menunjukkan ketuntasan sebesar 24% dan siklus I memperoleh 52%, siklus II meningkat sebesar 81%, Oleh sebab itu, penelitian dihentikan secara klasikal karena telah mencapai atau melebihi indikator ketercapaian 80%. PTK ini menyimpulkan bahwa keterampilan menulis deskripsi siswa meningkat melalui metode mind mapping.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Keterampilan Menulis Deskripsi, Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 23 Aug 2022 03:31
Last Modified: 23 Aug 2022 03:31
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2546

Actions (login required)

View Item View Item