Wenno, Mutia Salsabila and Lyesmaya, Dyah and Nurasiah, Iis (2021) ANALISIS KETERAMPILAN MEMBACA DENAH DI KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Elementaria Edukasia, 4 (2). pp. 276-283. ISSN 2615-4625
PDF
3279 Download (27kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis keterampilan membaca denah di kelas 3 Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis bertindak sebagai instrumen pengumpul data. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan Conclusion Drawing/Verification. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas 3 tahun pelajaran 2020/2021. Jumlah siswa yang dianalisis sebanyak 11 orang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa keterampilan membaca denah di kelas 3 berdasarkan indikator membaca denah sebagai berikut 1) Menganalisis konsep membaca denah dengan hasil persentase 75% dikategorikan tinggi. 2) Menyebutkan arah mata angin pada denah dengan hasil persentase 51% dikategorikan rendah. 3) Memersepsikan denah dengan hasil persentase 64% dikategorikan rendah. 4) Menentukan arah jalan pada denah dengan hasil persentase 51% dikategorikan rendah. dan 5) Memaknai soal dengan hasil persentase 25% dikategorikan sangat rendah. Hal tersebut dikarenakan proses pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa dalam membaca denah.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Indonesia; Keterampilan Membaca Denah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus ID UMMI |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 03:12 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 03:12 |
URI: | http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2543 |
Actions (login required)
View Item |