ANALIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR

Nur Alami, Isma Oktavia and Sutisnawati, Astri and Uswatun, Din Azwar (2021) ANALIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR. Jurnal Elementaria Edukasia, 4 (2). pp. 311-320. ISSN 2615-4625

[img] PDF
3276

Download (29kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam memecahkan masalah secara rasional. Kemampuan berpikir kritis memiliki 4 tahap dalam memecahkan masalah, yaitu klarifikasi, assesmen, inferensi¸dan strategi. Tahap klarifikasi yaitu tahap dimana siswa dapat menyatakan masalah dan menganalisis pengertian masalah, pada tahap ini siswa dapat menemukan informasi yang diketahui dalam soal secara tepat, Tujuan diberlakukannya Kurikulum 2013 di Indonesia diantaranya, mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi . Hal ini telah dijelaskan dalam Lampiran Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Pembelajaran Tematik yaitu pembelajaran yang menghubungkan suatu konsep dalam beberapa bidang studi yang berbeda dengan harapan siswa akan belajar lebih baik dan bermakna. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif populasi penelitian adalah kelas V SDN Tegal Pari maka dapat disimpulkan bahwa siswa masih kurang mampu untuk berpikir kritis sebab setiap anak mempunai kemampuan yang berbeda.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir kritis; pembelajaran tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 23 Aug 2022 02:55
Last Modified: 23 Aug 2022 02:55
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2541

Actions (login required)

View Item View Item