PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS RENDAH

Budianingsih, Rima and Amalia, Arsyi Rizqia and Khaleda, Irna (2021) PENGARUH METODE BERNYANYI TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS RENDAH. Jurnal Elementaria Edukasia, 4 (2). pp. 302-310. ISSN 2615-4625

[img] PDF
Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan metode bernyanyi terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas rendah di SD Islam Al Azhar 7 Kota Sukabumi. Subjek pada penelitian ini terdiri dari kelas III-B Madinah sebagai kelas kontrol dan kelas III-C Arafah sebagai kelas eksperimen yang dilaksanakan pada semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design jenis pretest-postest control group design. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa soal pretest dan posttest yang terdiri dari soal pilihan ganda, isian singkat dan soal menjodohkan dengan jumlah soal sebanyak 20 butir. Sebelum instrumen digunakan terlebih dahulu di uji cobakan dan memperoleh hasil yang valid. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dengan melakukan analisis data hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest sebesar lebih kecil daripada hasil nilai posttest. Sementara untuk nilai signifikansi pada hasil pretest yaitu sebesar 0,210 dan nilai signifikansi pada hasil posttest yaitu sebesar 0,349 yang masing-masing nilai signifikansi nya lebih dari 0,05. Pengujian hipotesis dengan uji t dua sampel independen diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan sehingga dapat dinyatakan bahwa penggunaan metode bernyanyi berpengaruh positif secara signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa di kelas rendah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: bahasa ınggris; kosakata; metode bernyanyi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 22 Aug 2022 06:21
Last Modified: 22 Aug 2022 06:21
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2534

Actions (login required)

View Item View Item