ANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING SBDP DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

Agustina, Rosiana and Khaleda, Irna and Maula, Luthfi Hamdani (2021) ANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING SBDP DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10 (6). pp. 1490-1496. ISSN 2598-5949

[img] PDF
8440

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajarean SBdP dengan sistem daring di kelas III-B SDN 1 Nagrak Kabupaten Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian yang digunakan adalah guru kelas III-B di SDN 1 Nagrak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah menururt Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan Conclusion /Verification. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat 7 peran guru dari 9 peran guru yang di terapkan dalam proses pembelajarannya. Diantaranya yaitu ada peran guru sebagai informator, peran guru sebagai pengarah, peran guru sebagai motivator, peran guru sebagai fasilitator, peran guru sebagai mediator, peran guru sebagai organisator dan peran guru sebagai evaluator. Adapun faktor pendukung dan penghambat peran guru dalam pembelajaran daring SBdP ini yang terdapat pada faktor internal dan faktor eksternal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: peran guru, pembelajaran daring, sbdp
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 22 Aug 2022 06:18
Last Modified: 22 Aug 2022 06:18
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2533

Actions (login required)

View Item View Item