ANALISIS PERSEPSI BELAJAR SISWA DALAM DARING LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS TINGGI

  • Silvia Oktavia Nanda Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Luthfi Hamdani Maula PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Astri Sutisnawati PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Sukabumi
Keywords: Persepsi, Pembelajaran, Daring

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis persepsi belajar siswa dalam daring learning pada pembelajaran IPA di kelas tinggi. Penelitian ini dilaksanakan pada Sekolah Dasar Negeri Tegallega. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Subjek pada penelitian ini yaitu 22 siswa kelas tinggi SDN Tegallega. Pada penelitian ini, analisis data yang digunakan yaitu data reduction, penyajian data display, dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa mayoritas siswa memiliki persepsi negatif terhadap pembelajaran daring materi pelajaran IPA. Hal ini dikarenakan mayoritas siswa kurang memahami materi pembelajaran daring yang disampaikan, cara penyampaian materi IPA yang dianggap kurang menarik serta pendapat siswa mengenai pembelajaran daring yang dianggap kurang efektif.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Adijaya, N., & Santosa, L. P. 2018. Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online. E-jurnal BSI, 10(2), 105.

Anggito, A & Setiawan, J. 2018. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak.

Arifin, H. S., Fuady, I., & Kuswarno, E. 2017. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Persepsi Mahasiswa Untirta terhadap Keberadaan Perda Syariah di Kota Serang. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 21(1), 90.

Asrori, Mohammad. 2011. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Azhar, A. 2011. Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. 2015. Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan dan Pelatihan. Yogyakarta: DeePublish.

Bilfaqih, Yusuf & Nur, Komarudin. 2015. Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. CV. Budi Utama.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Devito, Joseph, A. 2011. Komunikasi Antarmanusia. Jakarta: Karisma Publishing Grup.

Devito, Joseph, A. 2011. Komunikasi Antarmanusia. Jakarta: Karisma Publishing Grup.

Dewi, W. A. F. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Fitria, I., Candiasa, I. M., & Sugiarta, I. M. 2021. Analisis Profil Persepsi Dan Motivasi Belajar Daring Siswa Smk Di Kota Singaraja. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 12(1), 122-131.

Irawati, R., & Santaria, R. 2020. Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 265.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. 2020. Pendidikan dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48.

Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Zifatama Publisher

Megawanti, P., Megawati, E., & Nurkhafifah, S. 2020. Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ pada Masa Pandemi COVID-19. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 7, No. 2, 75-82.

Miswanto. 2015. Persepsi Mahasiswa Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung Terhadap Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar. Dinamika, 15(1), 55.

Nuraini, N., Amelia, A. R., & Lyesmaya, D. 2021. Analisis Persepsi Siswa Dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 7(1), 32-36.

Sobrón, F. B., Benjumea, A., Alonso, M. B., Parra, G., Pérez-Mañanes, R., & Vaquero, J. (2019). 3D printing surgical guide for talocalcaneal coalition resection: technique tip. Foot & ankle international, 40(6), 727-732.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A.(2013).Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Kencana Prenada Media Group.

Thoha, M. 2011. Perilaku Organisasi, Konsep dasar, dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Walgito, B. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Wardani, K, dkk. (2018). Persepsi Mahasiswa Pgsd Terhadap Bahan Ajar Elearning Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal LP3M, 8(1).

Yodha, S. A. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan E-Learning Dalam Mata Kuliah Manajemen Sistem Informasi Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. JKTP. 2(3), 181-187.
Published
2021-07-16
How to Cite
Nanda, S. O., Hamdani Maula, L., & Sutisnawati, A. (2021). ANALISIS PERSEPSI BELAJAR SISWA DALAM DARING LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS TINGGI. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(01), 124 - 139. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.178