PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI UNITY DALAM BERPIKIR KRITIS

M, Zalfa Ulayya and Khaleda, Irna and Nurasiah, Iis (2021) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI UNITY DALAM BERPIKIR KRITIS. Jurnal Elementaria Edukasia, 4 (2). pp. 189-196. ISSN 2615-4625

[img] Text
Pengembangan Media Interaktif Berbasis Aplikasi Unity Dalam Berpikir Kritis.pdf

Download (169kB)

Abstract

Setelah melakukan studi pendahuluan ternyata di salah satu sekolah dasar negeri di kecamatan lembur situ kota sukabumi memiliki kendala dalam melakukan proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran IPS. Pada sekolah tersebut tenaga pendidik belum menggunakan media pembelajaran sehingga pembelajaran monoton dan membosankan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media interaktif berbasis unity dalam berpikir kritis pada mata pelajaran IPS kelas IV dan mengetahui respon peserta didik terhadap media interaktif. Pada penelitian ini mengguanakan jenis penelitian Research and Development. Peneliti menggunakan intrumen berupa angket validasi untuk kelayakan media dan melakukan tes kemampuan peserta didik. Analisis data produk dilakukan oleh ahli media dan praktisi untuk mengetahui respon peserta didik sesudah menggunakan media pembelajaran yang sudah penulis kembangkan. Dalam penelitian ini penulis menganalisis kualitas media pembelajaran, menganalisis respon peserta didik dan menganalisis tes kemampuan peserta didik. Hasil dari penelitian ini setelah menggunakan media pembelajaran yang sudah peneliti kembangkan ada peningkatan belajar dalam berpikir kritis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis; media interaktif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 22 Aug 2022 02:32
Last Modified: 22 Aug 2022 02:32
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2524

Actions (login required)

View Item View Item