Profil Keterampilan Kreativitas dan Inovasi Pada Produk Peserta Didik Berbantuan Aplikasi Tiktok Di MAN 2 Kota Sukabumi

(Profile of Creativity and Innovation Skills on Student Products Assisted by The Tiktok Application in MAN 2 Sukabumi)

Authors

  • Fifi Fitrianty Ellya Universitas Muhammdiyah Sukabumi
  • Billyardi Ramdhan Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Jujun Ratnasari Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13418

Abstract

This study aims to determine the profile of students’ creativity and innovation skills carried out in MAN 2 Sukabumi in April in the second week of 2021. This research was conducted using descriptive research methods with a quantitative approach. The sample used in this study used 2 class XI in MAN 2 Sukabumi, totaling 70 students who has been determined by simple random sampling. The instrument used was the Tiktok video assessment rubric which was developed from Frika (2016). The research data were analyzed quantitatively. The results showed that 2 class XI in MAN 2 Sukabumi City. In comparison, gender had no show differences on students’ creative thinking skills.  Creativity and innovation skills based on the video made by class XI IPA A, almost all groups get a score of 80 in the “very creative” category. Class XI IPA C, there are 5 groups scored above 80 categorizes “very creative” and 2 groups scored above 70 categorized “creative”.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan kreativitas dan inovasi peserta didik yang dilaksanakan di MAN 2 Kota Sukabumi pada bulan April di minggu kedua tahun 2021. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan 2 kelas XI di MAN 2 Kota Sukabumi berjumlah 70 peserta didik yang sudah ditentukan secara simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu rubrik penilaian video Tiktok yang dikembangkan dari Frika (2016). Data penelitian dianalisis secara kuantitatif. Hasil dari penelitian didapat bahwa 2 kelas XI di MAN 2 Kota Sukabumi, pada perolehan perbandingan gender tidak menunjukkan perbedaan pada keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Keterampilan kreativitas dan inovasi berdasarkan video yang dibuat. Memiliki hasil bahwa pada kelas XI IPA A, hampir seluruh kelompok mendapatkan nilai 80 dikategorikan “sangat kreatif”. Kelas XI IPA C,  terdapat 5 kelompok mendapat nilai di atas 80 dikategorikan “sangat kreatif” dan 2 kelompok mendapat nilai di atas 70 dikategorikan “kreatif”.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, Wisnu Nugroho; Bambang, Dwi. (2020). “Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra.” VI(2): 147–57.

Aji, Wisnu Nugroho, Universitas Widya, Dharma Klaten, and Aplikasi Tik Tok. (2018). “Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia.” 431: 431–40.

Fitriani, Silvia. (2016). “Pengembangan Rubrik Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Mata Kuliah Kalkulus Lanjut.” Universitas Batanghari: 60–67.

Handoko, Hendri. (2017). “Pembentukan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika Model Savi Berbasis Discovery Strategy Materi Dimensi Tiga Kelas X.” EduMa 6(1): 85–95.

Kontekstual, Dalam Pembelajaran. (2012). “PERANAN KREATIVITAS SISWA TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA DALAM PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL Dwi Sambada.” 2(2): 37–47.

Kusmijati, Neneng. (2014). “PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI SMP NEGERI 2.” III: 103–10.

Mukharomah, Esti Frika; Supriyono. (2016). “Pengembangan Instrumen Penilaian Produk Dalam Kurikulum 2013 Pada Materi Pemanasan Global Kelas XI SMA.” Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF) 05(03): 27–31.

Pamungkas, Aji, Bambang Subali, and Suharto Lunuwih. (2017). “Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Implementation of Science Learning Model Based on Local Wisdom to Improve Creativity and Student Learning Outcomes.” 3(2): 118–27.

Ratna, Rena Dwi; Ratnasari, Jujun; Ramdhan, Ramdhan. (2019). “Pengaruh Field Trip Berbasis Scienctific Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sma.” Utile Jurnal Kependidikan: 86–97.

Redhana, I Wayan. “2239 MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ABAD KE-21 DALAM.”

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprapto; Zubaidah, Siti. (2018). “Pengaruh Gender Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Biologi.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (1): 325–29.

Widyaningrum, Heny Kusuma. “Pentingnya Strategi Pembelajaran Inovatif Dalam Menghadapi Kreativitas Siswa Di Masa Depan.” (2016): 268–77.

Zaenal, Sukarya; Ramdhan, B; Widikrama, C. (2016). “Analisis Keaktifan Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Facebook.” Utile Jurnal Kependidikan: 72–80.

Zubaidah, Siti, and Universitas Negeri Malang. (2017). “Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran.” (December 2016).

Downloads

Published

2021-09-29

How to Cite

Ellya, F. F., Ramdhan, B., & Ratnasari, J. (2021). Profil Keterampilan Kreativitas dan Inovasi Pada Produk Peserta Didik Berbantuan Aplikasi Tiktok Di MAN 2 Kota Sukabumi: (Profile of Creativity and Innovation Skills on Student Products Assisted by The Tiktok Application in MAN 2 Sukabumi). BIODIK, 7(3), 114-122. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13418