EFEKTIVITAS PELAYANAN ONLINE DALAM PENDAFTARAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SUKABUMI

Apriliani, Resti and Meigawati, Dine and Basori, Yana Fajar (2022) EFEKTIVITAS PELAYANAN ONLINE DALAM PENDAFTARAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SUKABUMI. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Hummanioramaniora, 6 (1). pp. 19-27. ISSN 2598-6236

[img] Text
2629

Download (88kB)

Abstract

Dengan adanya pemanfatan tehnologi saat ini banyak intansi pemerintah berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi dan informasi. Salah satunya yaitu Dinas kependudukan dan pencatatan sipil di Kabupaten Sukabumi melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan, yaitu dengan pelayanan online Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas pelayanan online dalam pendaftaran pembuatan kartu keluarga(KK) di Dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten Sukabumi. Dengan metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini ingin menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan dalam pendaftaran pembuatan KK di Dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten sukabumi belum berjalan efektif. Fenomena yang peneliti temukan dilapangan yang pertama, pengguna pelayanan online dalam pendaftaran KK masih rendah yaitu hanya berjumlah 238 sedangkan untuk pemohon yang datang langsung sebanyak 40.719, fenomena masalah yang kedua adalah terjadinya antrian panjang dalam verifikasi data pembuatan KK. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam penelitian ini yang dilakukan bersifat deskriptif yang menggambarkan fenomena sebenarnya yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Pelayanan Online dalam Pendaftaran Pembuatan Kartu Keluarga di Disdukcapil Kabupaten Sukabumi Sudah berjalan dengan baik. Namun masih belum optimal dalam bentuk sosialisasi yang dilakukan sehingga pengguna pelayanan online dalam pendaftaran pembuatan kartu keluarga masih rendah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, pelayanan publik, Pembuatan Kartu Keluarga
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora > Administrasi Publik
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 11 May 2022 02:46
Last Modified: 11 May 2022 02:46
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2280

Actions (login required)

View Item View Item