Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Pokok Bahasan Persamaan Linear Satu Variabel

Authors

  • Heru Khaerudin universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Aritya Imswatama Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Ana Setiani Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.2.1.36-43

Keywords:

HOTS, Kesalahan Siswa, Persamaan Linear Satu Variabel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui tipe kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada masa pandemi dengan menggunakan pembelajaran daring pada pokok bahasan Persamaan Linear Satu Variabel siswa kelas VII SMP Yasidik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP dengan menggunakan subjek terbatas sebayak 6 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument tes bertipe HOTS berbentuk uraian sebanyak 4 soal untuk melihat tipe-tipe kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan teori Newmann, diperoleh bahwa 1) siswa tidak melakukan kesalahan pada tipe kesalahan reading error, 2) siswa tidak melakukan kesalahan pada tipe comphrension error 3) siswa melakukan kesalahan pada tipe transformation error 4) siswa melakukan kesalahan pada tipe processing skill error 5) siswa melakukan kesalahan pada tipe encoding error.

References

Abdullah, A.H., Abidin, N.L., & Ali, M. 2015. “Analysis of Students’ Error in Solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) Problems for the Topic of Fraction”. Vol. 11, No 21; 2015 ISSN 1911-2017

Fatahillah, A., dkk. (2017). “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding Yang Diberikan” Kadikma, Vol. 8, No. 1, hal 40-51, April 2017

Lestari, A. (2018). Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) Soal Buatan Guru Ujian Akhir Semester (Uas) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sma Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran2017/2018 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Mustika, I. (2017). Sikap Profesional Pendidikan Bahasa Indonesia Sebagai Pendukung Implementasi Kurikulum 2013. Semantik, 2(2), 47-54.

Newman, M. A. (1977).”An analysis of sixth-grade pupils’ error on written mathematical tasks”. Viktorian Institute for Educational Reserch Bulletin, 39, 31-34.

Newman, M. A. (1983). “Strategies for diagnosis and remediation”. Sydney: Harcourt, Brace Jovanovich.

Nurhayati, N. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Plantet Questions Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Di Kelas X Sman 1 Bireuen. Jurnal Pendidikan Almuslim, VII (1), 45–49.

Nurhayati, N. (2020). Pengaruh Peer Teaching Berbantuan Aplikasi SPSS terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep pada Materi Statistika. Jurnal Gammath, 5(2), 72–78.

Saido, G. M., Siraj, S., Bin Nordin, A. B., Al Amedy, O. S. 2015. Higher Order Thinking Skills Among Secondary School Students in Science Learning. Malaysian Journal of Education (vol3-issue3)

Setiawati, S. (2019, February). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI (Vol. 2).

Wirandani, Tari., Ayu, C.K., Latifah. (2019). “Analisis Butir Soal Hots (High Order Thinking Skill) Pada Soal Ujian Sekolah Kelas Xii Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Smk An-Nahl”. Volume 2Nomor4, Juli 2019 P –ISSN 2614-624X. Jurnal Parole PBSIMeningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Multipel Matematik Siswa. Tesis. UNPAS Bandung: Tidak dipublikasikan.

Downloads

Published

2021-07-02