PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Maulida, N. Alifa and Mulyanti, Yanti and Lukman, Hamidah Suryani (2022) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAPAN ALJABAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 5 (2). pp. 70-78. ISSN 2598-6422

[img] Text
1326

Download (27kB)

Abstract

Siswa kurang tertarik pada mata pelajaran matematika mengakibatkan siswa menjadi sulit untuk menerima materi pembelajaran yang telah disampaikan oleh guru yang penyampaiannya hanya dengan metode ceramah. Karna itu para siswa kurang memahami materi. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya alat peraga yang dapat membuat siswa bisa mengilustrasikan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas alat peraga papan aljabar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Hasil uji validitas oleh validator dinyatakan sangat valid dengan persentase 83,5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa alat peraga papan aljabar valid dan dapat memfasilitasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:23
Last Modified: 23 Mar 2022 07:23
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2250

Actions (login required)

View Item View Item