Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pbl Dengan Pendekatan Rme Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa

Authors

  • Restu Intan Purwati Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Hamidah Suryani Lukman Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Aritsya Imswatama Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.51179/asimetris.2.1.23-30

Keywords:

Mathematic Literacy Skill, Learning Tool, PBL, RME

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi persamaan linear satu variabel yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Hasil pengumpulan data menyatakan bahwa kemampuan literasi matematika siswa kurang. Selain dari hasil wawancara dengan guru matematika hal ini dapat dilihat dari hasil Penilaian Akhir Semester (PAS) pada soal uraian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Lembar kerja Siswa (LKS), dan media pembelajaran sebagai pelengkap dari pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini hanya melalui 5 tahap yaitu 1) Potensi dan masalah 2) Mencari informasi 3) Desain produk 4) Validasi oleh para ahli 5) Perbaikan produk. Sample dari penelitian ini adalah siswa SMPN 3 Sukabumi kelas 7a dan 7b. Setelah melalui tahap pengumpulan data, pembuatan produk hingga proses validasi oleh ahli dan kemudian proses pengolahan data, didapatkan rata-rata nilai 85,1% dengan kriteria sangat valid, tetapi perangkat pembelajaran yang dikembangkan harus melalui perbaikan dengan tujuan menyempurnakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (14th ed.). Rineka Cipta.

Dewi, S. C. (2015). Implementasi Model PBL dengan Pendekatan Realistic Berbantuan Edmodo Untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa Kelas VII. In Skripsi (p. 392). Universitas Negeri Semarang.

Husnidar, H. (2020). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Pembelajaran Glasser pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP N 1 Samalanga. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 57–63.

Kemendikbud. (2003). Undang-undang RI nomor 20 tahun 2003. In kemendikbud.

Kemendikbud. (2019). Surat Edaran Nomor 14 tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Kemendiknas. (2006). Peraturan Pendidikan Nasional RI Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. In Permendiknas (Ed.), Permendiknas.

Nalole, M. (2008). Pembelajaran Pengurangan Pecahan Melalui Pendekatan Realistik Di Kelas V Sekolah Dasar. Inovasi, 5(3), 136–147

Nolaputra, A. P., Wardono, & Supriyono. (2018). Analisi Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran PBL Pendekatan RME Berbantuan Schoology Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 18–32. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19672

OECD. (2018). Mathematics Performance (PISA) Indicator. PISA.

Putra, Sitiatava Rizema; Putri, N. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains (1st ed.). Diva Press.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (1st ed.). Prenadamedia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sugiyono (ed.)). Alfabeta.

Suyitno, A. (2011). Dasar-dasar dan proses pembelajaran matematika I. Universitas Negeri Semarang

Downloads

Published

2021-07-02