PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PBL DENGAN PENDEKATAN RME TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA

Purwati, Restu Intan and Lukman, Hamidah Suryani and Imswatama, Aritsya (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PBL DENGAN PENDEKATAN RME TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2 (1). pp. 23-30. ISSN 2722-0214

[img] Text
389

Download (30kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada materi persamaan linear satu variabel yang diharapkan mampu meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa. Hasil pengumpulan data menyatakan bahwa kemampuan literasi matematika siswa kurang. Selain dari hasil wawancara dengan guru matematika hal ini dapat dilihat dari hasil Penilaian Akhir Semester (PAS) pada soal uraian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Lembar kerja Siswa (LKS), dan media pembelajaran sebagai pelengkap dari pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini hanya melalui 5 tahap yaitu 1) Potensi dan masalah 2) Mencari informasi 3) Desain produk 4) Validasi oleh para ahli 5) Perbaikan produk. Sample dari penelitian ini adalah siswa SMPN 3 Sukabumi kelas 7a dan 7b. Setelah melalui tahap pengumpulan data, pembuatan produk hingga proses validasi oleh ahli dan kemudian proses pengolahan data, didapatkan rata-rata nilai 85,1% dengan kriteria sangat valid, tetapi perangkat pembelajaran yang dikembangkan harus melalui perbaikan dengan tujuan menyempurnakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Matematika, Perangkat Pembelajaran, PBL, RME
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 23 Mar 2022 07:06
Last Modified: 23 Mar 2022 07:06
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2247

Actions (login required)

View Item View Item