ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Azizi, Farhan Mustaf and Imswatama, Aritsya and Lukman, Hamidah Suryani (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 5 (2). pp. 43-52. ISSN 2598-6422

[img] Text
1275

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar yang ditinjau dari gaya belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4 siswa SMP kelas VIII dan teknik pengambilan subjek menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket, tes, dan wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa dengan gaya belajar visual mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan operasi, siswa dengan gaya belajar auditori mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan prosedur, siswa dengan gaya belajar kinestik mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan siswa gaya belajar visual, auditori, kinestik (VAK) mengalami kesulitan dalam memahami konsep.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Menyelesaikan Soal Matematika, Gaya Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:20
Last Modified: 21 Mar 2022 07:20
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2242

Actions (login required)

View Item View Item