VALIDITAS E –MODUL BERBASIS OPEN ENDED METERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA PEMBELAJARAN DARING UNTUK SISWA SMK

Aprianka, Salma and Setiani, Ana and Imswatama, Aritsya (2021) VALIDITAS E –MODUL BERBASIS OPEN ENDED METERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA PEMBELAJARAN DARING UNTUK SISWA SMK. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (3). pp. 3111-3122. ISSN 2579-9258

[img] Text
896

Download (43kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dari e–modul yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R & D). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain ADDIE yang memiliki 5 tahap model pengembangan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Namun dikarenakan penulis memiliki segala keterbatasan maka penulis membatsi tahapan penelitian pengembangan ini menjadi tiga tahapan yaitu Analysis, Design, dan Development. Untuk mengetahui kualitas dari e-modul yang dikembangkan maka peneliti melakukan analisis angket dengan skala likert. Validasi dilakukan oleh tiga validator dari ahli materi dan ahli media. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu hasil nilai validasi dari ahli media mendapatkan nilai sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Penilaian validasi media berfokus pada penilaian aspek ukuran modul, dan disain e-modul. Kemudian hasil nilai validasi dari ahli materi mendapatkan nilai sebesar 84% dengan kategori sangat layak. Pada penilaian validasi materi berfokus pada penilaian aspek kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan kebahasaan, dan penilaian kontekstual. Maka E-Modul berbasis open ended Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada pembelajaran daring untuk siswa SMK ini valid dan sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar matematika karena memenuhi kriteria penilaian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: E–Modul, Open Ended, Penelitian dan Pengembangan, Validitas, Dalam Jaringan (Daring)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:12
Last Modified: 21 Mar 2022 07:12
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2241

Actions (login required)

View Item View Item