Dehani, Sonia Khumaira and Nurcahyono, Novi Andri and Imswatama, Aritsya (2021) PENGEMBANGAN E-LKS RAGAMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (2). pp. 1537-1547. ISSN 2579-9258
Text
655 Download (44kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa Elektronik RAGAMATIKA (Wayang Sukuraga, Matematika dan Statistika) untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMP yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah guru, 23 siswa kelas VIII MTs Baitul Hikmah serta validator. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa lembar validasi ahli materi, ahli media dan ahli wayang sukuraga untuk memperoleh hasil uji validitas E-LKS serta angket respon siswa dengan guru untuk memperoleh hasil uji kepraktisan dari E-LKS dan tes kemampuan representasi matematis siswa untuk memperoleh hasil uji efektivitas E-LKS. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Validasi ahli menyatakan E-LKS termasuk dalam kategori sangat valid pada aspek materi, pembelajaran, kebahasaan, tampilan dan kelayakan penyajian serta layak untuk diuji coba. (2) Berdasarkan analisis N-Gain, diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan nilai sebesar sebesar 79,7 serta analisis ketuntasan klasikal sebesar 87%. (3) Guru dan para siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap E-LKS dan termasuk kategori sangat praktis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, Lembar Kerja Siswa Elektronik, Wayang Sukuraga, Kemampuan Representasi Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus ID UMMI |
Date Deposited: | 21 Mar 2022 03:45 |
Last Modified: | 21 Mar 2022 03:45 |
URI: | http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2235 |
Actions (login required)
View Item |