ANALISIS KESALAHAN DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA MATEMATIKA MATERI PECAHAN BERBASIS DARING KELAS IV SEKOLAH DASAR

Dhila Fajriani Arrumaisya, Iis Nurasiah, Din Azwar Uswatun

Abstract


Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang wajib disekolah dasar, tidak sedikit siswa yang menganggap bahwa matematika merupakan pembelajaran yang cukup sulit. Ketika siswa harus menghadapi soal berbentuk soal cerita. Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terjadinya kesalahan kesalahan apa saja yang biasa dilakukan siswa ketika menyeleaikan soal cerita matematika materi pecahan. Suubjek penelitian ini yaitu kelas VI SDN Gunungjaya dengan jumlah responden yang dianalisis sebanyak 37 siswa. Jenis penelitian kulitatif. Penelitian ini  menggunakan teori Newman dimana terdapat 5 jenis kesalahan dintaranya kesalahan membaca terjadi sebanyak 20 kali, kesalahan memahami soal terjadi sebanyak 71 kali, kesalahan transformasi terjadi sebanyak 37 kali, kesalahan penulisan jawaban terjadi sebanyak 69 kali dan kesalahan penulisan jawaban terjadi sebanyak 77 kli, sehingga total kesalahan yang ditemukan berdasarkan teori Newman ini sebanyak 274 kali. Menurut hasil penemuan terdapat beberapa faktor penyebab siswa mengalami kesalahan ini diantaranya factor kesulitan memahami masalah sebanyak 27 kali, faktor tidak memahami konsep dan operasi pecahan sebanyak 77 kali dan faktor tergesa-gesa sebanyak 87 kali. Berdasarkan faktor penyebab, terdapat solusi untuk meminimalisir kesalahan tersebut diantanya; memperbanyak latihan soal, menerapkan konsep yang mudah dipahami, melakukan pembelajaran langsung, bimbingan tambahan dari orangtua


Keywords


analisis kesalahan, soal cerita,toeri Newman

Full Text:

PDF

References


Oktaviani,D. (2017) “Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah MatematikaDiskrit” EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika. 5, (2), 22-32.

Utami, L .(2016). “Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Bilangan dan Solusi Pemecahannya” jurnal of Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNMP 1).246.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Deepublish.Setyosari, H.P. (2017) metode penelitian Pendidikan Pengembangan. Jakarta: KENCANA.

Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Ana,A.R. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Materi Matematika Bentuk Cerita Materi Pengukuran Pada Siswa Kelas V SD Se Gugus Hasanudin Kecamatan Margadana Kota Tegal. Skripsi Sarjana Pada FKIP UNS Semarang : tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v5i1.846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Attadib: Journal of Elementary Education Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Attadib: Journal of Elementary Education Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah, Universitas Ibn Khaldun Bogor In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FAI Building, 1st Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah, Universitas Ibn Khaldun Bogor.  K.H Sholeh Iskandar Street of Kedung Badak, Bogor City, West Java, Indonesia 16162 Phone/Fax. 0251-849529, Email: attadib@uika-bogor.ac.id