Pengaruh Senam Bugar Muhammadiyah Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa SMP
Abstract
Kebugaran jasmani menjadi fakrot penting dalam pencapaian prestasi belajar siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam meningkatkan kebugaran jasmani yaitu senam kebuigaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa Kelas VIII. H SMP Negeri 1 Kadudampit Kabupaten Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental dan tehnik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu ssiwa kelas VIII dengan jumlah 4 orang. Hasil dari penelitian setelah siswa melakukan latihan senam bugar muhammadiyah diperoleh hasil bahwa siswa dengan kategori kurang sekali 50%, kategori kurang 25% dan kategori sedang 25%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukan bahwa senam bugar muhammadiyah tidak berpengaruh terhadap peningkatan kebugaran jasmani siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kadudampit Kabupaten Sukabumi, hal ini dikarenakan pada saat pemberian perlakuan senam bugar muhammadiyah sampel tidak menguasai gerakan dengan baik sehingga mempengaruhi terhadap hasil kebugaran dari setiap individu. Saran dari peneltian ini yaitu senam bugar Muhamadiyah perlu dikaji lebih jauh dengan menggunakan jumlah sampel yang lebih banyak dan dengan metode latihan yang lebih terprogra, sehingga dapat diketahui pengaruh yang lebih nyata
References
Budi, D. R. (2015). Pengaruh Modifikasi Permainan Vobas dan Kebugaran Jasmani terhadap Peningkatan Kerjasama Siswa dalam Pembelajaran Penjas di SMP. Thesis. Retrieved from http://repository.upi.edu/id/eprint/17605
Edo, P. (2017). Tingkat Kebugaran Jasmani Berdasarkan Indeks Massa Tubuh Pada Siswa Megeri 29 Bengkulu Utara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(2), 86–91.
Helvi, D. (2018). Pengaruh Senam Aerobik Low Impact Terhadap Peningkatan Vo2max. Jurnal Gelanggang Ollahraga, 1(2), 42–51.
Juliasti, E., Kuswari, M., & Jus’at, I. (2020). Senam Irama Lagu Gizi Seimbang Meningkatkan Kebugaran Pada Anak Sekolah. Journal Sport Area. https://doi.org/10.25299/sportarea.2020.vol5(1).4053
Kusnandar, K., Purnamasari, D. U., Nurcahyo, P. J., & Darjito, E. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Banyumas Gol-Golan Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Banyumas. Physical Activity Journal. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.1996
Mury, K., & Rachmanida, N. (2015). Pengaruh Senam Aerobik Intensitas Sedang ( Low. Nutrire Diaita.
Rahmat, P. (2016). ( TKJI ) Melalui Diskusi Dan Simulasi. Jurnal Reflika Edukatika, 6(2), 119–129.
Rubiana, I. (2020). Memasyarakatkan Olahraga Dan Mengolahragakan Masyarakat Melalui Senam Umum. Abdimas Siliwangi, 03(01), 130–137.
Satriya, Dikdik, & Imanudin. (2013). Teori Latihan Olahraga (2014th ed.; R. U. Setria, ed.). Bandung.
Setiawan, A., Yudiana, Y., Ugelta, S., Oktriani, S., Budi, D. R., & Listiandi, A. D. (2020). Hasil Belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Siswa Sekolah Dasar: Pengaruh Keterampilan Motorik (Tinggi) dan Model Pembelajaran (Kooperatif). TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School. https://doi.org/10.17509/tegar.v3i2.24513
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (17th ed.). Bandung: 2012.
Suhartoyo, T., Budi, D. R., Kusuma, M. N. H., Syafei, M., Listiandi, A. D., & Hidayat, R. (2019). Identifikasi Kebugaran Jasmani Siswa SMP Di Daerah Dataran Tinggi Kabupaten Banyumas. Physical Activity Journal. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.1995
Wening. (2018). Prosiding Konferensi Nasional ke -8 UMSU (2019th ed.; Y. Nurul, ed.). Yogyakarta: 2019.
Widiastuti. (2017). Tes Dan Pengukuran Olahraga (2nd ed.). Jakarta.
Zena, L. A., & Supriadi. (2016). Pengaruh Model Latihan Menggunakan Metode Praktik Distribusi Terhadap Keterampilan Dribble Anggota Ekstrakurikuler Bolabasket SMPN 18 Malang. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 1(1), 1–15.