ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA TRIGONOMETRI

Pratiwi, Ika Diah and Aritsya, Aritsya and Yanti, Yanti (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL CERITA TRIGONOMETRI. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (1). pp. 39-45. ISSN 2598-0661

[img] Text
125

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apa saja kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita trigonometri di SMA PLUS YASPIDA Kota Sukabumi tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA PLUS YASPIDA Kota Sukabumi dengan pengambilan subjeknya adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita trigonometri sebagai berikut : (1) kesalahan konsep yaitu kesalahan diswa tidak dapat menuliskan/mengidentifikasi apa yang diketahui dan dicari, ketidakmampuan siswa dalam mentransformasikan kalimat ke dalam model matematika, dan kurangnya penguasaan konsep yang diterapkan. (2) kesalahan prinsip yaitu siswa membaca soal kurang tepat sehingga terjadi kesalahan penafsiran, sulit memahami bahasa yang kurang familiar, mengakibatkan adanya kesalahan dalam menentukan rumus yang digunakan. (3) kesalahan operasi kesalahan perhitungan dalam betuk akar dan mengoperasikan bilangan penyebab munculnya kesalahan ini dikarenakan siswa kurang teliti melakukan perhitungan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kesalahan siswa, Soal cerita, Trigonometri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 22 Feb 2022 05:20
Last Modified: 22 Feb 2022 05:20
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/2127

Actions (login required)

View Item View Item