Komunikasi Kebijakan Publik Dalam Penyelenggaraan Reklame di Kota Sukabumi


Astri Febriana Syaripudin(1*), Tuah Nur(2), Dine Meigawati(3),


(1) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(2) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(3) Universitas Muhammadiyah Sukabumi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Komunikasi Kebijakan Publik dalam Penyelenggaraan Reklame di Kota Sukabumi. Penelitian ini merupakan pengembangan variabel implementasi yang dikemukan oleh Van Metter & Van Horn, dengan difokuskan pada dimensi Komunikasi Kebijakan Publik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Komunikasi Kebijakan Publik dalam Penyelenggaraan Reklame di Kota Sukabumi belum berjalan dengan baik atau belum maksimal. Hal tersebut terlihat dari masih ada pelanggar penyelenggaraan reklame yang tidak sesuai dengan Peraturan Derah Kota Sukabumi No 17 Tahun 2012 pada Bab III tentang Penyelenggaraan Reklame, yaitu terdapat 36 tiang reklame  yang berdiri di tengah-tengah trotoar Kota Sukabumi. Selain itu, keterbatasan data-data dan kurangnya komunikasi merupakan faktor penghambat  keberhasilan Komunikasi Kebijakan Publik.

Kata Kunci: Komunikasi Kebijakan, Penyelenggaraan Reklame

 


Keywords


policy communication, advertisement organizing.

Full Text:

pdf

References


Agustino, Leo. (2016). Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.Arifin, Tahir. 2015. Kebijakan Publik dan Transparansi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Bandung: Alfabeta

Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta : Prenada Media Group

Dwi, Riko. Dan Zarkasyi, Amni. (2017). Implementasi Peraturan Daerah No 14 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Reklame Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, Vol. 7 (1), 1-11

Hamdi, Muchlis. 2014. Kebijakan Publik Bogor: Ghalia Indonesia.

http://jdih.sukabumikota.go.id/home/dokumen/detail/ketertiban-umum

http://jdih.sukabumikota.go.id/home/dokumen/detail/ketertiban-umum

Junianti, Hesti, (2018). Implementasi Kebijakan Tentang Izin Penyelenggaraan Reklame di Kota Sukabumi. Skripsi. FIAH. Administrasi Publik. Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Kadji, Yulianto. (2015). Formulasi dan Implementasi Kebijakan Publik. Gorontalo: UNG Press

Moleong, Lexy. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyadi, Deddy, dkk. 2016. Kebijakan Publik Formulasi dan Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta

Nugroho, Riant. (2003). Kebijakan Publik Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: PT. Elek Media Komputindo Satori,D. dan Aan Komariah. 2009

Octafiola, Vikha. (2018). Implementasi Peraturan Wali Kota Perkanbaru No 24 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Reklame (Studi Kasus Papan Reklame Di Jembatan Peyebrangan Orang Di Kota Pekanbru). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, vol. 5, no. 1, Apr. 2018, pp. 1-14.

Peraturan Daerah Kota Sukabumi Nomor 17 Tahun 2012 pada Bab III tentang Penyelenggaraan Reklame di Kota Sukabumi.

Peraturan Derah Kota Sukabumi Nomor 2 Tahun 2004 tentang Ketertiban Umum di Kota Sukabumi

Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Metode penelitian mkuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31289/publika.v8i2.4004

Article Metrics

Abstract view : 0 times
pdf - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License