PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH (SPIP) DAN INFORMASI MANAJEMEN DAERAH (SIMDA) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN

  • Reni Sulastri Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Gatot Wahyu Nugroho Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Idang Nurodin Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Sistem Pengendalian Internal Pemerintah dan Penerapan Sistem Informasi Manjemen Daerah terhadap kualitas laporan keuangan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengaruh sistem pengendalian internal pemerintah, penerapan sistem informasi manajemen daerah, dan kualitas laporan keuangan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendeketan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai di semua desa yang berada di Kecamatan Cireunghas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data primer dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner dan data sekunder dalam penelitian ini adalah giat kepustakaan yang berkaitan dengan variabel yang digunakan. Teknik pengumpulan data primer dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner dan data sekunder dalam penelitian ini adalah giat kepustakaan yang berkaitan dengan variabel yang digunakan. Semua data yang diteliti dalam penelitian ini sudah melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas. Untuk uji hipotesis menggunakan uji t dan uji f, dalam penelitian ini juga dilaukan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial hanya variabel Sistem Informasi Manajemen Daerah saja yang memiliki pengaruh terhadap kualitas laporan keuangan, dan secara stimulan variabel Sistem Pengendalian Internal Pemerintah dan Sistem Informasi Manajemen Daerah  memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas laporan keuangan.

Published
2020-09-20
How to Cite
SULASTRI, Reni; NUGROHO, Gatot Wahyu; NURODIN, Idang. PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMERINTAH (SPIP) DAN INFORMASI MANAJEMEN DAERAH (SIMDA) TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN. Syntax Idea, [S.l.], v. 2, n. 9, p. 635-646, sep. 2020. ISSN 2684-883X. Available at: <https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/526>. Date accessed: 11 jan. 2022. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i9.526.
Section
Articles