Keren! LLC Ajak Anak-Anak Mengenali Sejarah Dan Budaya Sukabumi Dengan Cara Mengembirakan
  • 03 Januari 2019
  • Administrator
  • berita

Sukabumi, ummi.ac.id - Minggu, (25/3) Komunitas Baca LLC (Library Lovers Community) UMMI kembali lakukan "Roadshow Gerakan Literasi" . Jika sebelumnya LLC menggandeng Kinang Darmaga Harahap (Duta Perpustakaan Jawa Barat), kali ini LLC berkolaborasi dengan calon Duta Perpustakaan Jawa Barat, Kang Nuryaman.

Acara yang bertemakan "Aku dan Sukabumi-Ku : Mengenali Sejarah dan Budaya Sukabumi" ini bertempat di Taman Baca Masyarakat Gentong Pasir dan diikuti oleh 40 anak, acara dimulai pukul 09.30 sampai dengan pukul 12.00 WIB.

Pada roadshow kali ini, LLC dan Kang Nuryaman mengajak anak-anak untuk mengenal jati diri (sejarah dan kebudayaan) Sukabumi. Selain diajak untuk membaca dan menulis, anak-anak juga diajak untuk mempraktikkan langsung apa yang telah mereka baca. "Dengannya, kami harap anak-anak ini tidak hanya mengenal, melainkan merasa perlu melestarikan kebudayaannya." ujar karak - kakak LLC dan Kang Nuryaman.

Antusiasme anak-anak pun tak terbendung ketika mereka memainkan permainan tradisional anak-anak  Daerah Jawa Barat seperti Jajampanaan, Oray-orayan, dan Jeblag Panto. Permainan jajampanaan ini dalam pelaksanaannya menirukan orang tua di masyarakat bila ada orang sakit yang perlu diangkut, atau pengantin sunat yang biasa diarak pada jampanan pada zaman dulu.

Sedangkan permainan jeblag panto disamping untuk hiburan anak-anak, juga mengandung maksud melatih keterampilan dan kepekaan, seperti gerak tipu dan refleks. "Senang sekali, nanti aku mau main lagi permainanan ini sana teman-temanku" kata Al Gazali salah satu anak masyarakat Gentongpasir.

LLC sendiri merupakan Unit Kegiatan Mahasiswa yang terdapat di UMMI yang bergerak dibidang minat literasi, pecinta buku dan perpustakaan.

Kedepannya LLC akan melanjutkan Roadshow Gerakan Literasi ini bersama pegiat - pegiat literasi lainnya. Salam Literasi!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Konten Terkait :

Komentar :