13 Layanan Unggulan Perpustakaan UMMI Ini Membuat Kamu Bisa Lupain Mantan
  • 15 April 2017
  • Administrator
  • berita

Sukabumi, perpustakaan.ummi.ac.id - Malam Minggu (15/4/17), Perpustakaan UMMI adalah perpustakaan perguruan tinggi yang berada di Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Pengguna Perpustakaan UMMI yaitu sivitas akademika UMMI, namun terbuka juga untuk masyarakat luas.

Koleksi yang ada di perpustakaan UMMI yaitu : Buku teks, Skripsi/Tugas akhir, laporan KKN- Mahasiswa, Jurnal, Buku Reference, Koran, Majalah dan lain-lain.

Perpustakaan UMMI buka setiap hari senin-sabtu dari jam 08.00 sampai 17.00 khusus hari sabtu sampai pukul 16.00.

Bagi temen-temen mahasiswa yang saat ini dirundung galau, karena memutuskan untuk berpisah. Berpisah dengan pacar adalah hal yang mudah, yang sulit adalah melupakannya. Bagaimana anda bisa melupakan mantan pacar anda jika banyak cerita romantis yang anda berdua lalui bersama. Dalam hal ini melupakan mantan pacar  menjadi hal tersulit dibanding apapun.

Melupakan mantan pacar memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Seperti lirik lagu Elvy Sukaesih.. Mau makan teringat padamu, mau tidur teringat padamu, mau apapun teringat padamu..

Semua hanyalah pikiran yang datang dan berlalu. Apa yang sudah anda lalui bersama mantan pacar sudah berakhir dan itu berarti sudah selesai. Semua yang tertinggal di kepala hanya kenangan yang menyiksa. Untuk anda yang sampai saat ini masih susah melupakan mantan pacar ataupun bagi anda yang memilih untuk hijrah atau memilih jalan istiqomah, "Da jodoh mah moal kamana" beberapa layanan perpustakaan di bawah ini mungkin bisa membantu anda.

Ada pun Layanan perpustakaan diantaranya :

1. Layanan Sirkulasi


Koleksi Buku Teks Perpustakaan UMMI sekitar 5.000 eks, dengan berbagai subjek keilmuan. Koleksi bisa dipinjam dengan persyaratan harus menjadi anggota perpustakaan UMMI. Buku-buku Tere Liye, Felix Siaw, Salim Al-Filah dan Pidi Baiq sepertinya cocok untuk bisa membantu anda segera Move On.

 

2. Layanan Referensi

Koleksi Referensi Perpustakaan UMMI, diantaranya : Ensiklopedia, kamus, prosiding dll. Koleksi ini tidak dipinjamkan, hanya bisa dibaca di perpustakaan UMMI

 

3. Layanan Karya Ilmiah

Koleksi karya ilmiah yaitu skripsi/Laporan tugas akhir, Jurnal , Laporan KKN Mahasiswa dan lain-lain. Koleksi ini tidak dipinjamkan, hanya bisa dibaca di perpustakaan UMMI

 

4. Layanan Peningkatan Minat Baca

- Komunitas Baca Perpustakaan UMMI sebagai bentuk dari layanan peningkatan Minat Baca. Saat ini telah terbentuk LLC (Library Lovers Community) sebagai wadah mahasiswa untuk mengembangkan Minat Baca di lingkungan UMMI, dengan kegiatan diskusi buku, training, lomba dan lain-lain.

- Reward Pengunjung Teraktif setiap bulan.

Untuk meningkatkan minat baca dan pengunjung, perpustakaan memberikan reward kepada pengunjung teraktif setiap bulannya. Reward ini berlaku untuk seluruh pengunjung perpustakaan, baik mahasiswa , dosen, maupun masyarakat luas yang mengunjungi perpustakaan UMMI.

 

5. Layanan Terbitan Berkala

Perpustakaan UMMI berlangganan Koran Radar Sukabumi, Pikirian Rakyat, Republika, Sundaurang dan Majalah Trubus. Sedangkan Jurnal Nasional terakreditasi yang dilanggan oleh perpustakaan yaitu Journal of Science, Journal of Mathematical and Fundamental Sciences, Journal of Engineering and Technological Sciences, Journal of ICT Research and Applications, Jurnal Ners.

 

6. Layanan Teknologi Informasi

Perpustakaan sedang mengembangkan perpustakaan ke a rah teknologi informasi. Sistem yang sudah bisa digunakan yaitu :

- e-lib.ummi.ac.id ,sebagai repository perpustakaan untuk koleksi karya ilmiah, e-kliping, organisasi,laporan penelitaian dan lainnya. Untuk mendapatkan kemudahan dalam mengakses layanan tersebut, silahkan untuk registrasi di halaman e-lib.ummi.ac.id (hubungi perpustakaan UMMI)

- SLIMS (Senayan Library Management System) adalah data base yang digunakan oleh perpustakaan UMMI dalam pelayanan sirkulasi (peminjaman dan pengembalian buku), sehingga memudahkan untuk melakukan administrasi perpustakaan. Selain itu data base SLIMS mempunyai OPAC (Online Public Accses Catalog) sebagai katalog koleksi buku yang bisa digunakan oleh pengguna dalam mencari buku (bersifat LAN artinya baru bisa diakses di lingkungan perpustakaan UMMI.

- OJS (Online Journal System) merupakan data base jurnal UMMI, yang didalamnya memuat berbagai jurnal yang diterbitkan oleh internal UMMI. Jangkauan akses masih berada di lingkungan perpustakaan.

 

7. Layanan e-Journal

- Perpustakaan UMMI bekerjasama dengan Dikti dan kopertis dalam mengkases e-journal. E-journal yang bisa diakses adalah EBSCO yang dilanggan oleh Dikti. Pengguna perpustakaan bisa memanfaatkan layanan ini dimana pun berada, akses jurnal melalui internet. Untuk username dan password bisa menghubungi perpustakaan UMMI

- Perpustakaan UMMI memberikan pelayanan link informasi e-journal, e-book dll ke portal Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI). Perpustakaan UMMI melayani pengguna yang ingin mengakses e-journal dan e-book yang dilanggan oleh PNRI (keterangan lebih lanjut hubungi perpustakaan UMMI).

 

8. Pengembangan Bahan Koleksi Perpustakaan

Perpustakaan UMMI setiap tahunnnya melakukan penambahan koleksi buku teks. Kebijakan yang diambil saat ini, perpustakaan konsen dalam penambahan koleksi buku teks sesuai dengan bidang kajian program studi yang ada di UMMI. Oleh karena itu, dalam pengembangan koleksi ini, perpustakaan menerima request dari para dosen untuk pengadaan buku teks di perpustakaan UMMI.

 

9. Layanan Informasi Perpustakaan

Perpustakaan UMMI memiliki layanan informasi yang disampaikan langsung kepada pengguna perpustakaan, melalui sms gateway (085659404124), e-mail perpustakaan.ummi@yahoo.com, Fb Perpustakaan UMMI

 

10. Layanan Pojok Relaksasi

Layanan Selasa teh & Jumat Kopi ini diberikan secara gratis plus dengan nuansa musik intrumental, membuat pikiran dan hati kamu kembali rileks dan berfikir adem.

11. Forum Diskusi Muhammadiyah Corner

Forum Diskusi Muhammadiyah Corner merupakan cara 'religius' yang bisa kamu bisa anda lupakan untuk melupkan mantan. Di Muhammadiyah Corner ini kamu dapat mencari referensi buku-buku mengenai Muhammadiyah dan buku-buku karya dosen UMMI yang memberikan anda inspirasi kehidupan.

Selain tempat untuk membaca ditempat ini juga kamu bisa berdiskusi mengenai Ke-Islman dan Kemuhmammadiyah yang insya Allah membuat anda lebih religius dan dapat melupakan mantan.

12. Layanan Literasi

Literasi informasi dengan baik dapat memberikan hubungan penting antara masyarakat informasi dan pembelajaran masyarakat. Keterampilan literasi informasi membantu anda untuk fokus belajar, untuk melatih berbagai perubahan-perubahan hidup yang begitu cepat untuk merubah dunia dan mengharuskan mereka untuk beradaptasi dan fleksibel dengan kecepatan dan kompetensi dalam cara hampir dibayangkan beberapa tahun yang lalu dan tentunya akan membantu melupakan mantan.

Layanan Literasi ini akan dipandu oleh Tim Perpustakaan UMMI, so ajak temen-temenmu untuk ikuti layanan literasi informasi ini.

 

13. Layanan Teras Baca

Bagi anda yang menginginkan suasana baca dan diskusi yang tidak terlalu formal ataupun suasana baca dan diskusi di tempat semi outdor mungkin Teras Baca adalah pilihannya. Selain berada di teras depan perpus ini, anda juga melihat koleksi buku-buku terbaru disini, ada edukasi mengenai kepalestinaan dan juga disini terdapat teras pintar yang memiliki kaset DVD edukatif.

Masih banyak tips lain cara melupakan mantan pacar yang bisa anda manfaatkan. Tetapi semua tips dan cara-cara tersebut hanya berguna jika anda sendiri memiliki komitmen untuk melupakannya. Tanpa komitmen untuk keluar dari suasana hati yang galau anda tidak mungkin melupakannya.

Demikian beberapa tips cara melupakan mantan pacar dengan 13 Layana unggulan perpustakaan UMMI. Jangan lupa tetap berdoa kepada Tuhan dan belajar dari pengalaman. Tidak ada yang kebetulan di dunia ini. Apa-apa yang kita alami adalah pembelajaran untuk menghadapi hal-hal yang lebih penting di masa depan.

Selain Layanan tersebut, perpustakaan UMMI sudah tergabung dalam Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (FPPT) Wilayah Jawa Barat, sehingga pengguna perpustakaan UMMI bisa memasuki perpustakaan-perpustakaan Perguruan Tinggi yang sudah tergabung dalam FPPT Wilayah Jawa Barat (Sekitar 180 perpustakaan perguruan tinggi), dengan menggunakan kartu anggota perpustakaan FPPT (Pendaftaran anggota bisa dilakukan di perpustakaan UMMI).

Perpustakaan UMMI memberikan berbagai layanan yang memudahkan pengguna untuk mendapatkan akses informasi. Supaya pengguna perpustakaan bisa menikmati layanan tersebut, silahkan mendaftar sebagai ANGGOTA PERPUSTAKAAN UMMI. Syaratnya mudah…Datang ke Perpustakaan UMMI,membawa KTP/Identitas sivitas Akademika UMMI, mengisi formulir keanggotaan, dan uang pendaftaran anggota hanya Rp. 30.000.

 

AYO...KUNJUNGI PERPUSTAKAAN UMMI

Konten Terkait :

Komentar :