PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA DI KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR

Hainun Habibah, Astri Sutisnawati, Arsyi Rizqia Amalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran open ended terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dikelas tinggi Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian jenis kuasi eksperimen (quasi experimental) yang didesain dalam bentuk non-equivalent control grup design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 70 orang siswa yaitu V A terdiri dari 40 orang sedangkan V B terdiri 40 orang, di sekolah dasar negeri Cisaat sukabumi. Instrumen yang digunakan berupa tes, tes tersebut diberikan pada saat pretest dan posttest. Proses pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran open ended sedangkan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Open Ended. Proses pembelajaran dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan pada kelas eksperimen, yaitu kelas V A dan pada kelas kontrol, yaitu kelas V B. Proses pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model Open Ended dengan lima tahapan pada pembelajaran matematika materi bangun ruang mengenai luas dan volume kubus dan balok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata akhir sebesar 89 lebih tinggi dibandingkan rata-rata siswa kelas kontrol yaitu 77. Hasil pengujian Uji T Dua Sampel Independen menunjukkan hasil signifikan sebesar 0,000 lbih kecil dari taraf signifikan uji (0,05), artinya terdapat perbedaan hasil yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran open ended memiliki pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dikelas tinggi Sekolah Dasar tahun ajaran 2019/2020.

 



Keywords


Model Pembelajaran Open Ended, Kemampuan Penalaran Matematika, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32507/attadib.v5i2.568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Attadib: Journal of Elementary Education Indexed By:

    

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Attadib: Journal of Elementary Education Published by Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah, Universitas Ibn Khaldun Bogor In Collaboration with Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) Indonesia.

Editorial Office:

FAI Building, 1st Floor, Department of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education, Faculty of Tarbiyah, Universitas Ibn Khaldun Bogor.  K.H Sholeh Iskandar Street of Kedung Badak, Bogor City, West Java, Indonesia 16162 Phone/Fax. 0251-849529, Email: attadib@uika-bogor.ac.id