PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PEMASARAN TERHADAP LABA BERSIH (CV. NJ FOOD INDUSTRIES)

  • Septi Nurawaliah Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Sutrisno Sutrisno Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Risma Nurmilah Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya produksi dan biaya pemasaran terhadap laba bersih baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan hubungan asosiatif. Jenis pengumpulan data yaitu sekunder dengan mengumpulkan dokumen-dokumen dan studi kepustakaan. Populasi yang digunakan yaitu laporan laba rugi dan laporan harga pokok produksi tahun 2017-2019. Dan sampel yang diambil sebanyak 36 bulan laporan harga pokok produksi dan laporan laba rugi CV. NJ FOOD INDUSTRIES. Teknik analisis yang digunakan analisis linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial biaya produksi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap laba bersih. secara parsial biaya pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih. dan secara simultan biaya produksi dan biaya pemasaran berpengaruh signifikan terhadap laba bersih CV. NJ FOOD INDUSTRIES. Dan nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 63% dipengaruhi oleh variabel independen dan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang lain.

Kata kunci : Biaya Produksi, Biaya Pemasaran, Laba Bersih

Published
2020-09-08
How to Cite
Nurawaliah, S., Sutrisno, S., & Nurmilah, R. (2020). PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PEMASARAN TERHADAP LABA BERSIH (CV. NJ FOOD INDUSTRIES). Jurnal Proaksi, 7(2), 135 - 150. https://doi.org/10.32534/jpk.v7i2.1284

Most read articles by the same author(s)