Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Ekosistem

(Profile of Science Process Skills Class VII Junior High School Students in Ecosystem Material)

Authors

  • Lu’lu Robiatul Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Setiono Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Suhendar Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.10295

Abstract

The research aims to determine the profile of science process skills and concept mastery of class VII students of SMP Negeri Sukabumi. This research was conducted in April 4th week at one of the SMP Negeri Sukabumi City. This research uses a descriptive method. The approach used in this study is a qualitative approach. The population used in this study were 30 students of class VII SMP Negeri Kota Sukabumi. Sampling of data in this study is by using purposive sampling technique. The data was collected by using a written test in the form of multiple choice questions of science process skills, amounting to 20 questions with a reliability of 0.88 with a standard deviation of 3.20 and a correlation of 0.63 using 10 indicators of science process skills. The results showed that the profile of the science process skills of students of class VII SMP Negeri Kota Sukabumi in the 2019/2020 school year was still in the low category. However, from these results, science process skills can still be trained and improved through the use of learning models, strategies and approaches that are able to stimulate the science process skills of students.

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan proses sains dan penguasaan konsep siswa kelas VII SMP Negeri Kota Sukabumi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan april minggu ke-4 di salah satu SMP Negeri Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Kota Sukabumi sebanyak 30 siswa. Pengambilan sampel data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis dalam bentuk pertanyaan soal pilihan ganda keterampilan proses sains yang berjumlah 20 soal pertanyaan dengan reliabilitas 0, 78 standar deviasi 3,20 dan korelasi 0,63 menggunakan 10 indikator keterampilan proses sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil keterampilan proses sains siswa peserta didik kelas VII SMPN Kota Sukabumi pada tahun ajaran 2019/2020 masih dalam kategori kurang. Namun dari hasil tersebut, keterampilan proses sains masih bisa dilatihkan dan ditingkatkan melalui penggunaan model, strategi dan pendekatan pembelajaran yang mampu merangsang keterampilan proses sains peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2010). Metodologi dan aplikasi riset pendidikan. Bandung: Pustaka Cendikia Utama

Abungu, H,E., Okere, M.I.O., & Wachanga, S.M. (2014). The Effect of Science Process Skills Teaching Approach on Secondary School Students’ Achievement in Chemistry in Nyando District, Kenya. Journal of Educational and Social Research, 4(6): 359-372.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2009). Models of Teaching (Model-model Pengajaran).Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto. (2002). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rustaman, dkk. (2005). Strategi belajar mengajar biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sanjaya, W. (2008). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenata Media Group.

Setiono, Rustaman, N.Y., Rahmat, A., Anggraeni, S. (2017). Implementasi guided inquiry laboratorium pada praktikum anatomi tumbuhan. Jurnal Utile. 3, (2)195-201.

Setiono, N Y Rustaman, A Rahmat, & S Anggraeni (2019). Student’s Inquiry Skills and Learning Achievement in Plant Anatomy Practical Work Using Open-Guided Inquiry. IOP (Journal of Physic) 157.

Subali, B. (2010). Bias Item Tes Keterampilan Proses Sains Pola Divergen dan Modifikasinya sebagai Tes Kreativitas. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.14(2), 309-334.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Muh. T.& Liliasari. Keterampilan-Keterampilan Proses Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. (Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar, 2014), h.8.

Siska N. M., Parmin, dan Stephani D. P. (2015). Penerapan Model Guided Inquiry Terhadap Sikap Ilmiah dan Pemahaman Konsep Siswa pada Tema Ekosistem. Unnes Science Education Journal. 4(3).

Trianto.(2009).Mendesain Model Pembelajaran inovatif-progresif konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2020-12-18 — Updated on 2020-12-18

Versions

How to Cite

Lu’lu Robiatul, Setiono, & Suhendar. (2020). Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Ekosistem: (Profile of Science Process Skills Class VII Junior High School Students in Ecosystem Material). BIODIK, 6(4), 519-525. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.10295