MENUMBUHKAN EMPATI MAHASISWA MELALUI MATAKULIAH PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF

Widodo, Agung and Nurina, Titis (2017) MENUMBUHKAN EMPATI MAHASISWA MELALUI MATAKULIAH PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF. In: Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar), 3 Agustus 2017, Mataram.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MENUMBUHKAN EMPATI MAHASISWA MELALUI MATAKULIAH PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Artikel ini merupakan kajian pemikiran ilmiah yang bertujuan sebagai gagasan tentang upaya menumbuhkan empati mahasiswa. Seperti diketahui bersama bahwa bahwa dewasa ini negara dan bangsa Indonesia sedang dilanda berbagai krisis. Salahsatu krisis yang menyebabkan keprihatinan adalah krisis moral. Beberapa fakta krisis moral yang terjadi dalam masyarakat antara lain ditandai oleh (1) hilangnya kejujuran, (2) hilangnya rasa tanggung jawab, (3) tidak mampu berpikir jauh ke depan (visioner), (4) rendahnya disiplin, (5) krisis kerjasama, (6) krisis keadilan, dan (7) krisis kepedulian. Tidak hanya di lingkungan masyarakat umum, ironisnya krisis moral ini juga mulai dijumpai di dalam lingkungan masyarakat akademik salahsatunya adalah lingkungan kampus dengan ditandai sering ditemuinya sikap dan perilaku mahasiswa yang bertentangan dengan nilai moral sebagaimana disebutkan di atas. Oleh karena itu penanaman nilai-nilai karakter mutlak harus dilakukan dalam setiap kegiatan di kampus tanpa terkecuali dalam kegiatan pembelajaran. Di dalam kurikulum Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), matakuliah Pendidikan Jasmani Adaptif menjadi salahsatu matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa. Pendidikan jasmani adaptif sendiri secara umum dapat diartikan sebagai pendidikan jasmani yang disesuaikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Dalam proses pelaksanaan pembelajarannya, matakuliah ini tidak hanya berupa penyampaian teori di dalam kelas, tetapi juga melalui observasi langsung ke lapangan serta praktik pembelajaran pendidikan jasmani adaptif bagi ABK di Sekolah Luar Biasa (SLB) yang berada di wilayah Kota Sukabumi. Melalui matakuliah yang memungkinkan mahasiswa dapat berinteraksi langsung dengan ABK di SLB melalui tugas observasi dan praktik pembelajaran ini, diperoleh berbagai manfaat antara lain: (1) menumbuhkan rasa syukur atas karunia Allah Swt yang diberikan selama ini,: (2) menumbuhkan rasa empati kepada orang lain; dan (3) menumbuhkan jiwa sebagai pendidik untuk mencerdaskan anak bangsa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: empati, mahasiswa, pendidikan jasmani adaptif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 18 Dec 2017 05:07
Last Modified: 18 Dec 2017 05:07
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/189

Actions (login required)

View Item View Item