PROFIL KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK BERBANTUAN APLIKASI GOOGLE FORM DI SMA KOTA SUKABUMI

Rahmatullah, Andri Kurnia and Billyardi, Ramdhan and Sistiana, Windyariani (2020) PROFIL KEMAMPUAN KOGNITIF PESERTA DIDIK BERBANTUAN APLIKASI GOOGLE FORM DI SMA KOTA SUKABUMI. Jurnal Bioeducation, 7 (2). pp. 37-44. ISSN 2527-6522

[img] Text
2093

Download (32kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui profil kemampuan kognitif peserta didik yang dilaksanakan di salah satu SMA di Kota Sukabumi pada bulan Februari minggu ke dua tahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X SMA di Kota Sukabumi sebanyak 180 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling berupa simple random sampling. Instumen yang digunakan mencakup soal pilihan ganda, benar-salah dan essai. Teknik pengumpulan data dilakukan secara digital berbasis Android dengan aplikasi Googel Form, yaitu peserta didik mengisi pertanyaan pada ponsel masing-masing dan tes tulis menggunakan kertas. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa profil kemampuan kognitif dari peserta didik kelas X SMA di Kota Sukabumi dengan jenjang C1 sampai dengan C6 sebesar 53,15. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan kognitif peserta didik kelas X di SMA Kota kota Sukabumi termasuk kedalam kategori “rendah”. Nilai tersebut dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal dari peserta didik itu sendiri. Peluang untuk meningkatkan nilai tersebut apabila dikaitkan dengan keadaan pada saat ini adalah penggunaan model pembelajaran yang dapat menyesuaikan dengan perkembangan era revolusi industri 4.0 dengan bantuan media yang memadai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: android, cognitive abilities, descriptive, google form.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus ID UMMI
Date Deposited: 06 Aug 2021 06:08
Last Modified: 06 Aug 2021 06:08
URI: http://eprints.ummi.ac.id/id/eprint/1874

Actions (login required)

View Item View Item